Kompas.com - 11/08/2016, 09:25 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sepatu hak tinggi alias high heels bikin rasa percaya diri pemakainya juga makin tinggi. Sepatu ini sering dikritik karena menyebabkan banyak keluhan nyeri di kaki dan punggung.

Namun, fisioterapis dari Boost, Jolene Sher mengatakan sepatu hak tinggi tak selalu buruk. Ada kalanya sepatu bertumit tinggi lebih baik daripada sepatu flat.

"Memakai sepatu bertumit dapat melindungi punggung dan kaki karena secara alami memberikan sokongan lewat lengkungan kaki," katanya. Sepatu flat, sandal flip flop dan ballet pumps malah tak baik untuk kaki dan postur.

Ternyata ada cara memakai sepatu bertumit yang nyaman dan melindungi pergelangan kaki, tungkai dan punggung. Berikut ini tip dari Sher :

1. Lebih lebar lebih baik
Untuk sepatu sehari-hari cobalah pakai sepatu dengan tumit dan bagian depan lebar sehingga jempol kaki tidak kram dan berat badan seimbang merata.

2. Pilih tumit tak terlalu tinggi
Tumit rendah berarti kemiringan sepatu tidak terlalu curam dan tekanan terhadap jempol dan punggung pun berkurang. Tinggi tumit paling ideal adalah sekitar lima sentimeter.

3. Bantalan untuk kenyamanan
Banyak sepatu memiliki bantalan yang membantu mengurangi tekanan terhadap bola kaki.

4. Sepatu flat juga bikin kaki lecet
Berapa pun tinggi tumit, tekanan kaki pada bagian belakang pergelangan kaki akhirnya dapat menyebabkan terjadinya lecet atau bengkak. Tak peduli betapa cantiknya sepatu, sepatu itu jadi tak berharga jika menyebabkan cedera pada kaki.

5. Pilih hak besar
Bila akan memakai sepatu berhak amat tinggi, cobalah pilih sepatu dengan tumit besar. Stiletto mungkin kelihatan cantik tetapi sepatu bertumit tipis dan tajam itu menekan jempol dan kaki. Selain itu tumit yang tinggi dan kecil menyebabkan keseimbangan tubuh terganggu. Sepatu dengan tumit super tinggi juga berarti membuat kita berjalan sepanjang hari di atas jempol yang ditekuk.

Tumit amat tinggi juga amat menekan bola kaki sehingga tekanan di kaki itu dapat membuat tulang dan saraf di sekitarnya meradang.

6. Bawa cadangan sepatu flat
Saat memakai sepasang sepatu stilleto yang seksi untuk hadir di sebuah acara, bawa juga sepatu cadangan di mobil.

7. Latihan untuk kaki
Berlatihlah memakai sepatu tumit tinggi selama 15-30 menit sebelum memakainya untuk hadir di sebuah acara. Biarkan kaki dan tubuh terbiasa memakai sepatu bertumit tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Daily Mail

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.