Asam Folat Turunkan Risiko Cacat pada Janin

Kompas.com - 14/08/2016, 18:11 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Perencanaan hamil ternyata tidak hanya seputar persiapan fisik. Sejak sebelum hamil, calon ibu bisa mencegah cacat janin. Selain olahraga dan aktivitas fisik yang cukup, pola makan dan nutrisi yang masuk ke tubuh ibu juga menjadi kunci agar sepanjang kehamilan nanti tetap sehat.

Salah satu asupan penting adalah asam folat. Mengapa asam folat dapat membantu mencegah cacat janin? Asam folat telah dibuktikan menurunkan risiko penyebab kelumpuhan anak serta masalah otak pada bayi. Asam folat juga membantu menjaga janin dari masalah cacat jantung hinga bibir sumbing.

Jika Anda sudah mengonsumsi asam folat sejak sebelum hamil, nutrisi asam folat akan membantu produksi DNA bayi. Asam folat akan berperan dalam pembelahan sel dan pertumbuhan janin.

Wanita yang kekurangan asam folat, dua hingga tiga kali lebih mungkin memiliki bayi prematur atau bayi dengan berat badan rendah. Asam folat sendiri dapat ditemukan pada sayuran hijau, kacang, buncis, kacang-kacangan dan gandum.

Selain asam folat, ibu juga perlu mengonsumsi susu. Kalsium dalam susu akan membantu pembentukan tulang janin. Kalsium yang cukup akan menghindarkan janin dari kelainan tulang dan gigi.

Vitamin C juga sangat penting bagi ibu yang ingin hamil untuk menurunkan risiko kelahiran prematur. Beri dan jeruk menjadi buah yang perlu Mama konsumsi.

Tak hanya makanan sehat, mencegah cacat janin juga membutuhkan pola hidup yang sehat. Jauhi makanan dan minuman tidak sehat seperti alkohol dan kafein. Apa yang ibu lakukan dan konsumsi saat ini, sangat mungkin berpengaruh pada kehidupan si kecil di kemudian hari.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X