Kompas.com - 16/08/2016, 11:22 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Gangguan spektrum autisme yang mengakibatkan anak mengalami kelambatan komunikasi dan interaksi sosial, sampai saat ini belum bisa dicegah dan atasi. Meski begitu, para ilmuwan optimis obat semprotan oksitosin bisa membantu mengendalikan autisme.

Obat semprot hidung yang mengandung hormon oksitosin ini diketahui mampu meningkatkan respon dan kesadaran anak pada lingkungan sosial.

Dalam uji coba yang dilakukan oleh tim dari University of Sydney's Brain and Mind Centre hasilnya cukup menjanjikan.

"Hasil penelitian yang kami lakukan pada beberapa anak menunjukkan tingkat respon dan kesadaran pada informasi sosial yang penting," kata Profesor Adam Guastella, salah satu peneliti.

Semprotan pada hidung memang menjadi sistem pengantaran hormon oksitosin. Hormon yang dikenal juga dengan "hormon cinta" ini punya kemampuan untuk mendorong perilaku prososial.

Bila hormon itu dilepaskan oleh tubuh, efeknya adalah menurunnya rasa cemas dan membuat seseorang lebih berani memasuki situasi sosial yang sebelumnya dihindari.

Karena anak-anak autisme mengalami kesulitan interaksi sosial, canggung dalam pergaulan, dan keterampilan wicara yang kurang, pemberian hormon ini diharapkan membuat hambatan itu bisa dihilangkan.

Senjata lain yang diketahui bisa melawan autisme adalah video game Pokemon Go. Beberapa orangtua yang anaknya mengidap autisme berbagi di media sosial bahwa kehadiran game itu membuat anak mereka berani bermain di luar rumah dan mengeksplorasi lingkungannya. Game Pokemon Go telah meningkatkan kepercayaan diri sosial anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.