Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/08/2016, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Berbahagialah jika Anda memiliki orangtua yang masih hidup sampai usia di atas 70 tahun. Menurut penelitian, Anda juga kemungkinan mewarisi gen panjang umur tersebut.

Dalam penelitian yang menganalisa data 186.000 orang di usia pertengahan dan diikuti lebih dari 8 tahun itu disimpulkan, kemungkinan panjang umur naik 16 persen jika salah satu orangtua  hidup sampai umur 70 tahun.

Di antara partisipan penelitian itu, mereka yang orangtuanya berumur panjang juga memiliki risiko penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah lebih kecil.

Risiko kematian akibat penyakit jantung juga lebih rendah, demikian juga untuk risiko kanker. Dengan kata lain, kita juga mewarisi sesuatu yang membuat orangtua kita hidup panjang umur.

Para peneliti juga meneliti berbagai faktor yang membuat seseorang hidup lama, misalnya genetik sampai pola pikir. Faktor genetik ternyata berperan besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com