Diet untuk Hipertensi Bisa Perbaiki Kadar Asam Urat

Kompas.com - 18/08/2016, 19:00 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Pola makan sehat yang direkomendasikan untuk mereka yang menderita darah tinggi, ternyata juga bisa menjadi terapi non-obat untuk keluhan asam urat.

Diet yang disebut DASH ini mengharuskan kita mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang banyak, memilih susu rendah lemak, dan membatasi asupan lemak dan lemak jenuh.

Dalam pengujian pada lebih dari 4000 orang, mereka yang menjalani pola makan DASH juga mengalami penurunan kadar asam urat.

Para ahli mengatakan, kemampuan diet DASH untuk menurunkan kadar asam urat cukup signifikan, bahkan mendekati efektivitas obat.

"Hasil penelitian ini merupakan kabar yang baik bagi mereka yang menderita asam urat. Perubahan pola makan untuk mencegah asam urat seharusnya menjadi terapi lini pertama," kata ketua peneliti Dr.Edgar Miller III.

Diet DASH juga bisa menjadi alternatif untuk mereka yang menderita asam urat ringan sampai sedang, tapi tak mau mengonsumsi obat.

Selama ini orang yang memiliki kadar asam urat tinggi disarankan untuk membatasi asupan alkohol dan protein. Mungkin dari hasil penelitian itu bisa ditambahkan perlunya mengadopsi diet DASH.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber HEALTHDAY
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X