Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2016, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Anda mungkin punya teman atau kerabat yang punya kebiasaan ini: rela bangun lebih pagi untuk jogging atau bersepeda sambil menikmati matahari terbit.

Mereka juga seringkali langsung ke gym sepulang kantor bila tidak sempat olahraga saat pagi. Semangat mereka untuk berolahraga juga tidak gampang pudar. Ingin memiliki motivasi yang besar seperti mereka untuk menjaga kebugaran tubuh? Siapa pun sebenarnya bisa. Cari tahu apa saja kebiasaan orang-orang yang rajin berolahraga ini agar bisa kita tiru.

1. Melakukan olahraga yang disukai
Orang yang senang berolahraga tak akan membuang waktu mereka melakukan aktivitas yang tidak disukai. Lakukan jenis olahraga yang memang Anda sukai, jangan cuma ikutan tren. Bila Anda menikmati dan menyukai latihan itu, pasti tak ada alasan untuk bolos berlatih.

2. Olahraga dengan teman
Para pecandu olahraga pada umumnya mengakui bahwa mereka merasa senang dan lebih menikmati olahraga jika melakukannya bersama teman. Bila tak ada teman dekat yang punya minat olahraga yang sama, bergabung saja dengan komunitas atau klub olahraga.

3. Dekat dengan alam
Alam membuat kita merasa lebih hidup, bahagia, dan tenang. Itu sebabnya orang yang sering berolahraga di luar ruang biasanya ingin mengulanginya lagi.

4. Tak fokus pada berat badan
Kita memang akan lebih bersemangat jika mendapat hasil jangka pendek dari olahraga yang kita lakukan. Tetapi, jika kita berhenti memikirkan tentang penurunan berat badan, kita mungkin akan kaget menyadari banyaknya manfaat yang dirasakan. Selain lebih bugar, kita juga lebih bahagia dan berenergi.

5. Tak harus mengikuti tren olahraga
Olahraga adalah olahraga, tak peduli apakah kita melakukannya di gym atau di taman belakang rumah. Setiap aktivitas tetap bernilai, yang penting kita menciptakan hubungan jangka panjang dengan aktivitas tersebut, bukan sekedar hadir di kelas kebugaran.

6. Menyukai musik
Ada alasan mengapa kita sering melihat orang memakai earphone di gym atau saat joging. Musik adalah motivator terbesar dan pengalih perhatian dari rasa lelah. Orang akan berolahraga lebih lama dan lebih bersemangat saat mendengarkan musik.

7. Perhatikan pakaian
Memang kita tak perlu memakai pakaian olahraga yang mahal untuk mendapat hasil maksimal. Tetapi, jika membeli pakaian olahraga atau sepatu olahraga yang nyaman akan membuat kita merasa lebih baik dan tentu bersemangat, mengapa tidak?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com