Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2016, 18:55 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Jamur selain enak juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan gizi lainnya. Ini lima alasan kenapa kita harus rajin mengonsumsi jamur:

1. Kaya akan vitamin B
Vitamin B seperti riboflavin, niasin dan folat merupakan kunci untuk proses metabolisme tubuh. Beberapa jenis jamur mengandung vitamin B lebih tinggi di banding yang lain.

Oleh karena itu penting untuk mengonsumsi beragam jamur. Misalnya, jamur portobello mengandung lebih banyak folat dibandingkan jamur crimini. Sementara jamur shitake mengandung vitamin B6 dibandingkan jenis jamur lainnya.

2. Mengandung vitamin D
Jamur merupakan sumber nutrisi vitamin D, yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang, otot, fungsi saraf dan sistem kekebalan tubuh.

Kendati sulit memenuhi kebutuhan vitamin D harian hanya dari jamur saja (sekitar 3 persen), konsumsi jamur baik untuk meningkatkan asupan vitamin D, khususnya ketika kita tak mengonsumsi makanan seperti ikan atau telur.

3. Menunda penuaan
Jamur pun mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Pertama, jamur memerangi radikal bebas yang merusak tubuh dan menyebabkan kondisi penyakit serius seperti penyakit jantung dan kanker. Antioksidan juga bermanfaat menunda penuaan.

Selain itu, jamur juga merupakan sumber selenium yang penting untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi, produksi DNA, fungsi kelenjar tiroid, serta berfungsi memerangi zat radikal bebas.

4. Meningkatkan cita rasa umami
Jamur memberi cita rasa pada bahan makanan lain yang juga sedang dimasak. Tetapi jamur juga memberi rasa umami, rasa gurih yang bertambah kuat ketika dimasak.

Tambahkan rasa umami ini pada pasta atau salad. Bisa pula tambahkan jamur yang ditumis ke telur dadar untuk menambah cita rasa sedap.

5. Rendah kalori
Jamur adalah makanan rendah kalori yang menambah tekstur dan kedalaman rasa pada makanan.

Satu mangkuk jamur cokelat atau putih mentah hanya mengandung sekitar 20 kalori, sedangkan kandungan proteinnya 2 gram.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com