Sedikit Waktu Tak Pengaruhi Kedekatan Emosi Orangtua dan Anak

Kompas.com - 21/08/2016, 15:13 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Banyak orangtua, khususnya ibu, yang merasa bersalah karena hanya memiliki sedikit waktu untuk bermain dengan anak-anak akibat padatnya kesibukan, baik pekerjaan kantor atau rumah. Mereka takut, kedekatan emosi dengan anak dapat berkurang. Tapi benarkah demikian?

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Pew Research Center, rata-rata ibu menghabiskan 14 jam seminggu untuk merawat anak-anak mereka, naik dari 10 jam ketimbang tahun 1965.

Namun, di sisi lain, studi yang sama juga menemukan bahwa 23 persen ibu merasa tidak punya banyak waktu untuk bermain dengan anak-anak mereka. Sehingga, menyebabkan kesedihan bahkan stres pada ibu dengan kesibukan yanng banyak.

Namun, ketika bicara tentang menghabiskan waktu dengan anak-anak, penelitian menunjukkan bahwa kualitas mengalahkan kuantitas.

Bahkan, sebuah studi dalam Journal of Marriage and Family menemukan, bahwa anak-anak waktu antara usia 3 dan 11 tahun menghabiskan banyak sekali waktu dengan orangtua atau ibu mereka tidak berdampak signifikan pada perilaku mereka, kesejahteraan emosional, atau akademis.

Menurut peneliti, anak juga membutuhkan waktu sendiri. Memberikan waktu luang bagi anak untuk mengeksplorasi, dapat merangsang anak untuk menggunakan imajinasinya dan menghibur dirinya sendiri, sehingga baik untuk perkembangan dirinya.

"Ibu tidak harus terlibat dengan anak-anak setiap detik, setiap hari untuk mendapatkan kedekatan emosi," kata kata Cara Maksimow, seorang pekerja sosial klinis berlisensi di Summit, New Jersey dan penulis Lose That Mommy Guilt: Tales and Tips From an Imperfect Mom.

Maksimow menambahkan, bila Anda tidak punya banyak waktu untuk bersama anak-anak, gunakan waktu yang ada secara berkualitas, dengan melakukan aktivitas sepenuh hati dengan anak, tanpa interupsi pekerjaan, gadget, atau kegiatan lain di luar dunia anak.

Masuklah ke dalam dunia anak, ketimbang meminta anak masuk dalam dunia Anda. Sehingga, anak akan dengan mudah menjalin kedekatan emosi dengan orangtua.


Sumber Fox News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X