Kompas.com - 21/08/2016, 19:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Orangtua disarankan lebih cermat dalam memilih ransel bagi anak-anak usia sekolah, terutama prasekolah untuk mengurangi risiko cedera leher hingga gangguan postur tubuh anak.

Banyak siswa menggunakan ransel untuk membawa buku dan perlengkapan sekolah. Ketimbang tas selempang, ransel dapat membantu menopang beban dengan lebih baik bagi tubuh, sehingga dinyatakan lebih sehat bagi anak-anak.

Tetapi pemilihan dan penggunaan ransel yang tidak benar dapat menyebabkan cedera otot dan sendi, leher dan nyeri bahu, serta masalah postur, ahli kesehatan anak memperingatkan.

The American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan, bahwa orangtua dan anak-anak perlu memilih ransel dengan cermat, seperti memilih ransel dengan berat ringan dan tali bahu lebar serta empuk.

Pastikan anak menggunakan kedua tali bahu saat membawa ransel, tidak hanya satu. Pastikan juga anak menggunakan tali pinggang pada ransel untuk menyeimbangkan berat.

Model ransel dengan roda bisa menjadi pilihan baik bila anak harus membawa beban berat, sehingga mereka cukup mendorongnya saja. Namun, ransel beroda agak sulit untuk dibawa naik tangga.

Para ahli mengatakan, anak-anak harus selalu menggunakan ransel yang merekat dengan tubuh, dan bagian bawah ransel tidak melewati pinggang, ini tanda ransel tidak kebesaran.

Orangtua juga disarankan untuk memastikan bahwa muatan ransel tidak melebihi 10-20 persen dari berat tubuh anak. Dan benda yang paling berat harus diletakkan pada bagian ransel yang paling dekat dengan punggung. Bila tidak, ditakutkan postur tubuh anak akan terganggu, seperti pertumbuhan dan bentuk tulang akibat beban yang terlalu berat.

Ajarkan anak-anak untuk tidak sering membungkuk saat membawa ransel. Bila ingin mengambil barang jatuh saat mereka mengenakan ransel, minta anak untuk menekuk kedua lutut mereka untuk mengurangi risiko cedera punggung.

Jika memungkinkan, minta anak-anak menyimpan buku-buku berat di loker sekolah, dan hanya membawa pulang buku yang dibutuhkan ke rumah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.