Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2016, 07:14 WIB

KOMPAS.com -  Produksi kelenjar minyak yang berlebih dan kotoran bisa menyebabkan sumbatan pada pori-pori kulit sehingga membentuk komedo.

Menurut dr.Suksmagita Prtidina, Sp.KK, bintik kehitaman tersebut dapat diatasi dengan mengurangi produksi minyak dan menghilangkan sumbatannya.

"Harus lebih rajin mencuci muka agar bakteri, kotoran, dan debu, hilang. Kalau pekerjaannya sering mobile dan terpapar kotoran serta keringat, cuci mukanya jangan hanya saat mandi," kata dokter yang akrab disapa Gita ini.

Komedo yang tertutup dan berisi lemak (putih) atau biasa disebut jerawat batu sebenarnya adalah komedo yang tidak punya lubang. Gangguan kulit yang disebut white head ini bisa diatasi dengan mengeluarkan isinya.

"Komedo jenis white heada tidak boleh facial karena dia enggak punya lubang. Jadi harus dibentuk dulu lubangnya dengan cara tertentu agar tidak berbekas. Biasanya yang dilakukan adalah membuka sumbatan, bisa dengan alat tajam atau laser," kata Gita.

Bila dilakukan sendiri di rumah, menurut Gita yang terpenting adalah harus bersih dan steril.
"Bersihkan dulu sebelum tindakan. Kalau putih-putih atau lemaknya sudah keluar dan kulit masih tampak gembung, diamkan saja karena justru tidak boleh dipegang. Tutupi saja luka dengan antiseptik dan biarkan kering," katanya.

Sembarangan memencet-mencet bagian komedo yang baru dikeluarkan justru akan membuat luka sulit kering sehingga akhirnya iritasi. Luka itu pun bisa jadi sarana masuknya bakteri.

Komedo bisa menjadi jerawat jika sampai kemasukan bakteri. "Selama kita rajin membersihkan muka, menjaga daerah kulit tidak berminyak, maka tidak akan jadi jerawat," ujar dokter dari RS Pondok Indah Jakarta ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com