Kompas.com - 02/09/2016, 18:17 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Kebanyakan orang menyebut masa kehamilan dan menyusui sebagai masa "makan berdua" sehingga ibu hamil dan menyusui mudah sekali merasakan lapar. Untuk itulah, bukan hanya menambah jumlah asupan, tapi juga ragam dan kualitas makanan harus diperhatikan, terutama kandungan gizinya.

Penambahan jumlah porsi makan tanpa mempertimbangkan kualitas gizi hanya akan menambah berat badan. Bertambahnya berat badan yang berlebihan pada ibu hamil pun bukanlah sesuatu yang baik. Hal itu justru bisa menimbulkan banyak masalah dan berakibat buruk pada perkembangan kehamilan.

Ada banyak bahan makanan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, terutama berdasarkan golongan darah (A, B, AB, dan O). Jika pengetahuan ini dimiliki, ibu hamil dan menyusui akan bisa memenuhi kebutuhannya dengan baik dan maksimal serta lebih bijak dan selektif memilih asupan jenis bahan makanan dan minuman untuk dikonsumsinya setiap harinya.

Mengonsumsi beragam jenis makanan sehat dapat merangsang pertumbuhan janin dengan baik. Begitu juga saat memasuki fase menyusui, seorang ibu akan berupaya sebaik mungkin memberikan ASI terbaik bagi anaknya.

Tapi, bingung nutrisi apa saja yang boleh dan tidak dikonsumsi oleh si ibu? Sekadar contoh, Dr. D’Adamo menyebutkan bahwa golongan darah O memiliki sifat:
(1) memiliki kadar asam lambung yang tinggi,
(2) memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi, dan
(3) rentan terhadap penyakit kencing manis, gangguan pencernaan, peredaran darah kurang lancar, sakit pinggang dan tulang belakang, kegemukan, kolesterol tinggi, hipertensi, asam urat, kanker, jantung, dan artrithis.

Oleh karena itu, orang dengan golongan darah O sebaiknya menghindari atau mengonsumsi sedikit saja minuman bersifat asam dan dianjurkan mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Bagi golongan darah O, makan merupakan cara alami untuk mengembalikan fungsi ketahanan tubuh dan membersihkan tubuh dari lektin berbahaya bagi tubuhnya.

Buah-buahan dan sayuran merupakan makanan penting bagi pemilik golongan darah ini, yaitu sebagai nutrisi tambahan yang mutlak dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Jadi, golongan darah O disarankan mengonsumsi banyak sayuran hijau, makanan dengan kadar protein hewani tinggi, dan seafood. Hindari sayuran seperti terong, kentang, jamur, dan tauge atau jenis sayuran yang mengandung banyak lektin.

Untuk pilihan sayuran, golongan darah O disarankan untuk mengosumsi buah-buahan dan sayuran yang mampu mengimbangi tingkat keasaman. Misalnya, disarankan memakan sayuran jenis brokoli, bayam, waluh, lobak, ganggang laut, asparagus, wortel, dan tomat. Adapun buah-buahan yang disarankan adalah blueberry, mangga, pisang, anggur, apel, belimbing, strawberry, semangka, dan pepaya.

Golongan darah 

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.