Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2016, 12:15 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com — Pasti senang rasanya tidur di atas seprai yang baru dicuci. Akan tetapi, jujur saja, banyak dari kita yang ternyata jarang mengganti seprai.

Mary Marlowe Leverette, ahli perawatan kain dari Inggris, mengatakan, tidur di tempat tidur yang kotor membahayakan kesehatan kita.

"Selama tidur, kita terus berkeringat, minyak tubuh dan kotoran dilepaskan. Sangat mungkin menemukan ludah, urine, cairan kelamin, dan sisa-sisa tinja di serat kain," katanya.

"Jika kain seprai tidak dicuci teratur, pemilik tempat tidur memiliki luka, ia dapat terinfeksi. Jamur dan kuman dapat ditularkan dari serat kain," tambahnya. Kain seprai yang kotor itu juga dapat menginfeksi bagian tempat tidur yang lain.

Pencucian tak teratur kain seprai dan sarung bantal membuat cairan tubuh menembus ke bantal dan matras sehingga lebih sulit lagi membersihkan tempat tidur. Ia merekomendasikan kita untuk mengganti seprai seminggu sekali agar tetap segar saat dipakai tidur.

Bagaimana dengan kebiasaan ganti seprai di rumah Anda?

Di Inggris pada 2014, ditemukan bahwa satu dari 10 orang tidak mengganti seprai lebih dari sekali dalam sebulan. Menurut hasil survei soal kebiasaan rumah tangga di Inggris, 35 persen orang dewasa mengganti seprai setiap dua minggu. Hanya sepertiga yang mencuci seprai seminggu sekali. Sementara itu, satu dari sepuluh orang mengaku tidak peduli dan tidak mencuci seprai lebih dari sekali dalam sebulan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com