Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2016, 18:35 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Sering mengonsumsi makanan tinggi garam seperti keripik, makanan cepat saji, pasta keju, dan sebagainya, dapat menimbulkan kembung, sakit kepala, hingga meningkatkan risiko maag akibat tubuh terlalu banyak mengolah natrium.

Walau begitu, Anda tak bisa hanya berdiam diri terhadap efek terlalu banyak makan garam ini. Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk membantu tubuh membuang garam lebih cepat sebelum menimbulkan efek buruk di dalam tubuh.


Konsumsi makanan kaya kalium

Elektrolit seperti kalium akan membantu ginjal membersihkan kelebihan garam. Anda bisa mengonsumsi buah segar dan sayuran yang mengandung tinggi kalium. Pisang, stroberi, sayuran hijau, melon, buah jeruk, semua itu adalah sumber kalium.

Pastikan Anda memakan beberapa makanan ini usai menikmati makanan tinggi garam, untuk membantu menyingkirkan efek buruk garam lebih cepat.


Bergerak lebih sering

Bahkan jika Anda tidak berkeringat, bergerak aktif dapat memudahkan tubuh memecah garam dan membuangnya.

Menggunakan energi akan membawa kelebihan garam bergerak keluar dari tubuh, ketimbang duduk di meja kerja atau sofa. Putuskanlah untuk berjalan-jalan atau melakukan peregangan, setidaknya 10 menit setelah makan siang tinggi garam.


Tetap terhidrasi

Cara terbaik lainnya untuk membuang kelebihan garam dengan cepat ialah minum air putih lebih sering. Agar tak kembung, tambahkan perasa dengan tetesan jeruk lemon, yang juga bermanfaat untuk membantu menyingkirkan racun-racun.

Penambahan irisan jahe atau lemon juga efektif untuk meredakan kembung yang muncul karena terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam dan lemak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com