Kompas.com - 12/09/2016, 16:27 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Diet Mediterania adalah jenis diet yang telah ada selama berabad-abad dan diakui memiliki banyak manfaat sehat terutama untuk kardiovaskular. Makanan yang dianjurkan oleh diet Mediterania adalah:

- Produk segar
- Lemak sehat (seperti kacang-kacangan, alpukat dan minyak zaitun)
- Biji-bijian
- Ikan
- Susu tanpa lemak
- Anggur

Laporan sebelumnya telah menunjukkan, bahwa mengikuti pola makan Mediterania dapat menurunkan risiko penyakit jantung, menjaga kesehatan otak dan menurunkan risiko berbagai penyakit kronis.

Penelitian terbaru yang dipresentasikan dalam European Society of Cardiology di Roma menyebutkan, bahwa diet ini bahkan mungkin melampaui keampuhan obat penurun kolesterol tertentu dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

Lalu, bagaimana cara efektif untuk mendapatkan manfaat diet Mediterania? Ikuti lima tip dari Bonnie Taub-Dix, RDN pendiri BetterThanDieting.com penulis buku Read It Before You Eat It, berikut ini.

1. Nikmati gandum atau biji-bijian utuh

Pilih roti gandum dan sereal, beras merah dan pasta gandum utuh, yang biasanya berwarna keruh bukan jenis yang putih.

Orang-orang Mediterania juga mengeksplorasi biji-bijian kuno seperti quinoa, chia, bayam, bulgar dan soba untuk mereka konsumsi.

2. Sayuran dan ikan

Cobalah memilih ikan sebagai pengganti daging beberapa hari seminggu. Atau, lupakan daging tapi biarkan biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan mengambil porsi terbesar di piring Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber TODAY
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.