Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Perilaku Anak yang Menunjukkan Gejala Gangguan Mental

Kompas.com - 12/09/2016, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagai orangtua, kita sering mengkhawatirkan banyak hal terkait anak. Tetapi, bagaimana membedakan perilaku anak yang sebenarnya hal normal dalam perkembangan usianya dengan perilaku yang menunjukkan adanya gangguan emosional atau mental.

Berikut adalah 10 hal dari perilaku anak yang sebaiknya tidak diabaikan orangtua.

- Tak lagi main dengan teman-temannya
Bila anak Anda mendadak tak bermain lagi dengan teman-temannya, itu bisa menunjukkan adanya masalah. Perilaku itu bisa menandakan adanya pertengkaran atau indikasi ada sesuatu pada mood anak. Apa pun penyebabnya, orangtua perlu mengajak anak berbicara.

- Terjaga sampai malam dan merasa cemas
Jika si kecil tidak juga mau tidur sampai malam dan merasa cemas, sangat penting untuk membantu anak melawan kecemasannya. Ajak anak bicara untuk mengetahui apa penyebab rasa cemasnya dan beri dukungan untuk membuatnya lebih kuat.

- Melukai diri sendiri
Ada berbagai bentuk perilaku melukai diri sendiri. Pada anak berusia lebih kecil mungkin mereka mencakar atau memukul diri sendiri. Anak praremaja dan remaja bisa mengiris kulitnya atau membakar. Jangan abaikan perilaku anak tersebut, walau Anda merasa itu tak serius. Apalagi jika anak juga menunjukkan gejala gangguan emosional lainnya seperti mengurung diri, tidak nafsu makan, dan sebagainya.

- Lari dari rumah ketika marah
Anak di usia berapa pun sering bersikap impulsif dengan lari ke luar pintu saat marah. Perilaku ini sebaiknya tidak dianggap normal karena menunjukkan kurangnya mekanisme koping (kemampuan menyesuaikan diri atau bertahan dalam masalah). Sikap lari dari rumah juga akan membahayakan dirinya.

- Tidak tidur malam
Bila selama ini si kecil tak ada masalah dengan tidurnya, lalu sekarang ia sering tidak bisa tidur di malam hari, itu adalah indikator adanya masalah.

- Tidak mau makan
Seperti halnya tidur, nafsu makan juga indikator penting perasaan emosional seseorang. Jika anak mendadak tidak mau makan, bukan hanya karena pilih-pilih makanan, cari tahu apa penyebabnya. Anak bisa tidak mau makan karena ia sedang stres, cemas, atau gangguan mood.

- Penuh rahasia
Secara umum anak-anak, terutama remaja, memang tidak suka jika orangtuanya mencari tahu aktivitasnya di internet. Tetapi bila anak Anda sangat takut dan bereaksi berlebihan saat Anda mengecek gadgetnya, sebagai orangtua Anda perlu mewaspadainya.

- Berkomentar aneh
Terkadang anak-anak memang memberi komentar yang lucu dan di luar dugaan. Ada kalanya anak menanyakan pada orangtua mengapa ia dilahirkan. Pertanyaan itu mungkin hanya karena rasa ingin tahunya saja, tapi bisa juga menandakan adanya stres emosional yang dirasakannya.

- Perilaku kasar dan agresif
Jangan abaikan perilaku anak yang menjadi kasar dan agresif. Hal itu dapat menunjukkan ketidakmampuannya menahan diri. Perilaku ini juga perlu diatasi sebelum anak mencapai dewasa.

- Mengancam akan bunuh diri atau membunuh orang
Kapan pun anak mengancam akan melukai dirinya atau orang lain, ini adalah hal yang sangat serius. Mereka butuh bantuan terapis anak untuk membantunya melepaskan stres yang dihadapinya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com