Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keringat Berlebih Bisa Jadi Tanda 7 Masalah Kesehatan Ini

Kompas.com - 13/09/2016, 19:34 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com -  Berkeringat saat sedang melakukan aktivitas fisik, berada di udara panas, atau memang sedang olahraga adalah hal yang wajar.

Tapi, ternyata keringat juga bisa muncul secara tiba-tiba, meskipun seseorang sedang tidak melakukan aktivitas. Seperti dikutip dari Boldsky.com, keringat berlebih bisa menjadi tanda-tanda adanya suatu masalah kesehatan atau penyakit.

1. Stres
Stres bisa menyebabkan keringat berlebihan. Stres memicu kelenjar apokrin memroduksi keringat lebih banyak. Jadi hindari stres jika ingin ketiak tetap kering

2. Heat stroke
Heat stroke merupakan kondisi suhu tubuh sangat panas, bisa mencapai 40 derajat celsius. Ketika heat stroke, juga memungkinkan keringat keluar lebih dari biasanya.

3. Gula darah rendah
Keringat berlebih juga bisa menjadi salah satu gejala gula darah rendah. Biasanya merupakan kombinasi gejala lainnya, seperti pusing dan mual. Gula darah dikatakan rendah jika di bawah 70 mg.

4. Hiperhidrosis
Keringat berlebih juga bisa jadi karena kondisi hiperhidrosis. Hiperhidrosis yaitu ketika kelenjar keringat menghasilkan jumlah abnormal dari keringat yang dipicu neuron tertentu.

5. Limfoma
Sseorang yang terkena limfoma atau kanker pada kelenjar getah bening juga bisa mengalami keringat berlebih karena melemahnya sistem kekebalan tubuh.

6. Hipertensi
Tanpa disadari, keringat yang sangat banyak muncul ketika tekanan darah tinggi. Cek tekanan darah Anda saat keluar keringat berlebihan tanpa alasan yang jelas.

7. Penyakit Jantung
Tidak sedang olahraga, tetapi tubuh berkeringat? Bisa jadi Anda memiliki penyakit jantung. Ketika ada masalah, jantung akan menggunakan banyak energi untuk memompa darah dan memicu keluarnya keringat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com