Kompas.com - 19/09/2016, 10:30 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Di laman Facebook setiap hari kita sering sebal melihat unggahan soal politik dari teman yang sebenarnya ingin kita blok, informasi soal ulang tahun orang yang tak begitu kita kenal dan undangan terus menerus untuk main game dari saudara jauh.

Tetapi, ternyata media sosial tidak hanya mendatangkan rasa dongkol. Sesungguhnya media sosial seperti Facebook bikin kita bahagia. Studi termutakhir dari Carnegie Mellon University mengatakan jejaring sosial juga membantu membuat kita merasa sebahagia saat menikah atau melahirkan anak.

Berkebalikan dengan studi-studi sebelumnya yang menemukan semakin lama bermain media sosial justru menyebabkan kita tambah kesepian, periset dari Carnegie Mellon menemukan komen dan interaksi dari orang terdekat sebenarnya meningkatkan kesehatan psikologis pengguna media sosial.

Satu klik "likes" dan membaca unggahan teman-teman tidak memindahkan kadar kebahagiaan lebih tinggi. Interaksi yang berdampak terhadap kesehatan datang dari hubungan istimewa dan melibatkan sentuhan personal.

Jadi, jangan sekedar mengklik tanda jempol ketika melihat unggahan di Facebook milik tante, om, saudara sepupu, kakak atau adik. Berikan juga komen kata-kata yang membuat mereka senang. Hal itu bikin hari mereka jadi lebih cerah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Pure Wow

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.