Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2016, 10:30 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Pure Wow

KOMPAS.com - Di laman Facebook setiap hari kita sering sebal melihat unggahan soal politik dari teman yang sebenarnya ingin kita blok, informasi soal ulang tahun orang yang tak begitu kita kenal dan undangan terus menerus untuk main game dari saudara jauh.

Tetapi, ternyata media sosial tidak hanya mendatangkan rasa dongkol. Sesungguhnya media sosial seperti Facebook bikin kita bahagia. Studi termutakhir dari Carnegie Mellon University mengatakan jejaring sosial juga membantu membuat kita merasa sebahagia saat menikah atau melahirkan anak.

Berkebalikan dengan studi-studi sebelumnya yang menemukan semakin lama bermain media sosial justru menyebabkan kita tambah kesepian, periset dari Carnegie Mellon menemukan komen dan interaksi dari orang terdekat sebenarnya meningkatkan kesehatan psikologis pengguna media sosial.

Satu klik "likes" dan membaca unggahan teman-teman tidak memindahkan kadar kebahagiaan lebih tinggi. Interaksi yang berdampak terhadap kesehatan datang dari hubungan istimewa dan melibatkan sentuhan personal.

Jadi, jangan sekedar mengklik tanda jempol ketika melihat unggahan di Facebook milik tante, om, saudara sepupu, kakak atau adik. Berikan juga komen kata-kata yang membuat mereka senang. Hal itu bikin hari mereka jadi lebih cerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com