Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2016, 08:39 WIB

KOMPAS.com - Aktor Mel Gibson (60) baru-baru ini mengumumkan sedang menanti kelahiran anak kesembilan dari kekasihnya. Demikian pula dengan Mick Jagger yang menambah anak di usia 73 tahun.

Para tokoh terkenal itu merupakan sedikit dari pria yang seolah tidak ada kesulitan memiliki anak, walau usianya mulai beranjak tua. Mengapa pria bisa sedemikian beruntung, sedangkan para wanita di awal usia 40-an tingkat kesuburannya menurun tajam?

Menurut Allison Rodger, pakar fertilitas dari Fertility Centers Illinois, AS, tidak semua pria memiliki tingkat kesuburan yang tinggi.

"Pria yang menjaga berat badannya tetap sehat, mengonsumsi makanan sehat, tidak merokok dan narkoba, serta membatasi alkohol dan kafein, cenderung memiliki produksi sperma yang sehat walau usianya sudah cocok menjadi kakek," kata Rodger.

Faktor genetik juga berpengaruh pada tingkat kesuburan. "Ada kemungkinan anak laki-laki Mel Gibson juga akan bisa punya anak di usia 60 tahun," kata Jane Frederick, pakar fertilitas.

Walau demikian, pria berusia di atas 45 tahun yang memiliki kondisi medis tertentu kesuburannya juga bisa terganggu. Seiring dengan usia, penyakit memang mulai bermunculan, misalnya saja obesitas, diabetes, penyakit jantung, atau hipertensi.

"Gangguan kesehatan itu bisa berpengaruh pada kesuburan, termasuk juga obat-obatan yang diminum untuk mengatasi penyakit itu," kata Rodgers.

Pertambahan usia juga sering memicu gangguan fungsi seksual, seperti kesulitan ereksi atau ejakulasi. Hal-hal tersebut sudah tentu berpengaruh pada kemampuan mereka membuahi.

Secara umum memang pria yang sehat bisa tetap membuahi sel telur walau usianya di atas 60 tahun. "Kesuburan pria memang tidak mengalami penurunan secepat pada perempuan, tetapi tiap tahun memang terus turun," kata Frederick.

Dengan gaya hidup yang sehat dan tubuh yang sehat, para pria bisa memiliki tingkat kesuburan yang baik di usia 40-an, 50-an, bahkan 60-an.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com