Kompas.com - 22/09/2016, 08:39 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Aktor Mel Gibson (60) baru-baru ini mengumumkan sedang menanti kelahiran anak kesembilan dari kekasihnya. Demikian pula dengan Mick Jagger yang menambah anak di usia 73 tahun.

Para tokoh terkenal itu merupakan sedikit dari pria yang seolah tidak ada kesulitan memiliki anak, walau usianya mulai beranjak tua. Mengapa pria bisa sedemikian beruntung, sedangkan para wanita di awal usia 40-an tingkat kesuburannya menurun tajam?

Menurut Allison Rodger, pakar fertilitas dari Fertility Centers Illinois, AS, tidak semua pria memiliki tingkat kesuburan yang tinggi.

"Pria yang menjaga berat badannya tetap sehat, mengonsumsi makanan sehat, tidak merokok dan narkoba, serta membatasi alkohol dan kafein, cenderung memiliki produksi sperma yang sehat walau usianya sudah cocok menjadi kakek," kata Rodger.

Faktor genetik juga berpengaruh pada tingkat kesuburan. "Ada kemungkinan anak laki-laki Mel Gibson juga akan bisa punya anak di usia 60 tahun," kata Jane Frederick, pakar fertilitas.

Walau demikian, pria berusia di atas 45 tahun yang memiliki kondisi medis tertentu kesuburannya juga bisa terganggu. Seiring dengan usia, penyakit memang mulai bermunculan, misalnya saja obesitas, diabetes, penyakit jantung, atau hipertensi.

"Gangguan kesehatan itu bisa berpengaruh pada kesuburan, termasuk juga obat-obatan yang diminum untuk mengatasi penyakit itu," kata Rodgers.

Pertambahan usia juga sering memicu gangguan fungsi seksual, seperti kesulitan ereksi atau ejakulasi. Hal-hal tersebut sudah tentu berpengaruh pada kemampuan mereka membuahi.

Secara umum memang pria yang sehat bisa tetap membuahi sel telur walau usianya di atas 60 tahun. "Kesuburan pria memang tidak mengalami penurunan secepat pada perempuan, tetapi tiap tahun memang terus turun," kata Frederick.

Dengan gaya hidup yang sehat dan tubuh yang sehat, para pria bisa memiliki tingkat kesuburan yang baik di usia 40-an, 50-an, bahkan 60-an.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.