Sinyal Tubuh Seorang Wanita dalam Masa Subur

Kompas.com - 23/09/2016, 18:45 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Fluktuasi estrogen dan progesteron saat ovulasi memengaruhi segala sesuatu dalam diri Anda. Mulai dari cara Anda berjalan hingga warna pakaian yang sedang Anda sukai, kata Belisa Vranich, Ph.D., seorang psikolog klinis di AS.

Semua itu adalah petunjuk bahwa Anda sedang di dalam puncak kesuburan. Selain itu, ada lagi tanda-tanda yang perlu Anda pahami jika Anda ingin tahu apakah saat ini Anda sedang ada di dalam masa subur atau tidak.


Wajah Anda Bersemu Merah

Tidak perlu malu jika wajah Anda memerah dengan mudah. Sebuah studi baru dari University of Glasgow menemukan bahwa kulit wanita lebih mudah bersemu ketika sedang masa subur.

Menurut Benedict Jones, Ph.D., penulis utama studi tersebut, penyebabnya adalah peningkatan kadar estradiol hormon, atau hormon yang bertanggungjawab atas cahaya bersemu merah pada kulit Anda, yang kadarnya melonjak ketika masa subur.


Suara Anda Berubah

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Physiology and Behavior menemukan, bahwa suara perempuan berubah selama siklus ovukasi.

Dalam studi tersebut terungkap bahwa ketika orang-orang mendengar wanita dalam masa subur berbicara, aktivitas listrik di kulit mereka meningkat sebesar 20 persen.

Melanie Shoup-Knox, Ph.D., seorang psikolog di James Madison University dan peneliti utama studi tersebut, menjelaskan bahwa hormon mempengaruhi jaringan lunak di laring, tenggorokan, dan pita suara seperti yang terjadi juga pada serviks. Jaringan ini memiliki reseptor estrogen dan progestin.

Variasi dalam jumlah hormon ini dapat menghasilkan variasi dalam jumlah aliran darah dan retensi air dalam pita suara, yang dapat mengakibatkan perubahan fluiditas vokal atau suara Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Shape
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X