Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2016, 18:45 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber Shape

KOMPAS.com - Fluktuasi estrogen dan progesteron saat ovulasi memengaruhi segala sesuatu dalam diri Anda. Mulai dari cara Anda berjalan hingga warna pakaian yang sedang Anda sukai, kata Belisa Vranich, Ph.D., seorang psikolog klinis di AS.

Semua itu adalah petunjuk bahwa Anda sedang di dalam puncak kesuburan. Selain itu, ada lagi tanda-tanda yang perlu Anda pahami jika Anda ingin tahu apakah saat ini Anda sedang ada di dalam masa subur atau tidak.


Wajah Anda Bersemu Merah

Tidak perlu malu jika wajah Anda memerah dengan mudah. Sebuah studi baru dari University of Glasgow menemukan bahwa kulit wanita lebih mudah bersemu ketika sedang masa subur.

Menurut Benedict Jones, Ph.D., penulis utama studi tersebut, penyebabnya adalah peningkatan kadar estradiol hormon, atau hormon yang bertanggungjawab atas cahaya bersemu merah pada kulit Anda, yang kadarnya melonjak ketika masa subur.


Suara Anda Berubah

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Physiology and Behavior menemukan, bahwa suara perempuan berubah selama siklus ovukasi.

Dalam studi tersebut terungkap bahwa ketika orang-orang mendengar wanita dalam masa subur berbicara, aktivitas listrik di kulit mereka meningkat sebesar 20 persen.

Melanie Shoup-Knox, Ph.D., seorang psikolog di James Madison University dan peneliti utama studi tersebut, menjelaskan bahwa hormon mempengaruhi jaringan lunak di laring, tenggorokan, dan pita suara seperti yang terjadi juga pada serviks. Jaringan ini memiliki reseptor estrogen dan progestin.

Variasi dalam jumlah hormon ini dapat menghasilkan variasi dalam jumlah aliran darah dan retensi air dalam pita suara, yang dapat mengakibatkan perubahan fluiditas vokal atau suara Anda.


Anda Jadi Menyukai Warna Merah

Menurut sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science, wanita lebih mungkin untuk memilih pakaian dalam nuansa merah ketika mereka berovulasi.

Teori ini mengatakan, bahwa wanita memilih warna cerah untuk menarik perhatian lawan jenis kepada mereka, karena mereka merasa lebih seksi.


Anda Menjadi Lebih Cantik

Sebuah studi dari Inggris mengatakan bahwa proses ovulasi seorang wanita secara umum dapat terlihat lewat wajah mereka, kata Miriam Law Smith, Ph.D., peneliti utama studi tersebut. Wanita dalam masa subur menampilkan bibir dan pipi yang lebih penuh, pipi gemuk, mata cerah, dan kulit lebih halus karena produksi hormon estrogen yang meningkat saat ovulasi.


Langkah Anda Lebih Seksi

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Evolution & Human Behavior menemukan bahwa penari telanjang mendapat tips lebih 80 persen lebih banyak, ketika mereka berovulasi dan 50 persen lebih sedikit ketika mereka menstruasi.

Peneliti menemukan, bahwa wanita yang sedang berovulasi lebih mungkin untuk memilih pakaian yang lebih provokatif dan bergerak dengan cara yang lebih seksi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com