Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Loofah" Mandi Bisa Jadi Sumber Bakteri dan Sebabkan Iritasi Kulit

Kompas.com - 26/09/2016, 21:35 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Loofah, puff, sikat halus atau apapun yang Anda gunakan untuk menggosok tubuh kala mandi merupakan media subur pertumbuhan bakteri pemicu alergi, iritasi kulit, bahkan infeksi.

Kulit halus juga bisa menjadi tempat berkembang biak yang baik bagi bakteri. Pasalnya, loofah, spons atau sikat mandi bisa menyimpan sel-sel kulit mati dalam celah dan menjadi makanan bagi bakteri untuk berkembang.

Kemudian, penempatan di lingkungan kamar mandi yang hangat, lembab dan kotor, sangat memungkinkan jamur untuk tumbuh di sisa sel kulit mati yang masih tertinggal, kata J. Matthew Knight, MD, seorang dermatolog dari Knight Dermatology Institute.

“Jamur kulit, kulit mudah alergi, kulit gatal, iritasi, bahkan infeksi, bisa dipicu oleh spons mandi yang Anda gunakan,” katanya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Microbiology menemukan, loofah merupakan tuan rumah berbagai spesies bakteri dan bakteri dapat tumbuh dengan berlebihan hanya dalam semalam.

Itu akan menjadi sangat buruk jika Anda menggunakan loofah penuh kuman pada kulit yang habis dicukur, bakteri memiliki kesempatan untuk masuk ke dalam setiap goresan, yang dapat menyebabkan iritasi dan infeksi.

Itu sebabnya 9 dari 10 dermatologis merekomendasikan untuk tidak menggunakan loofah, atau spons mandi yang memiliki celah.

Namun, jika Anda tidak bisa membayangkan mandi tanpa spons atau loofah, Anda perlu mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk memastikan spons itu super bersih. Mulailah dengan menggantinya setiap 2-3 minggu sekali, kata Sejal Shah M.D., dermatolog di New York.

Bila Anda melihat bintik-bintik jamur yang tumbuh di atasnya atau mulai mengembangkan bau apek, gantilah dengan yang baru.

Untuk membuatnya bertahan lebih lama, usahakan tidak meninggalkannya di kamar mandi, di mana lingkungan yang lembab mendorong bakteri untuk tumbuh. Sebaliknya, biarkan kering setelah digunakan dengan meletakkannya di tempat kering.

Shah merekomendasikan, untuk merendamnya dalam larutan pemutih yang diencerkan selama lima menit, seminggu sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com