Kompas.com - 28/09/2016, 19:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Seorang bayi lazimnya memiliki DNA dari ayah dan ibu kandungnya. Meski begitu, seorang bayi yang berasal dari tiga orangtua "biologis" berhasil dilahirkan dengan selamat. Kini, bayi tersebut sudah berusia 5 bulan.

Ini adalah bayi pertama di dunia yang lahir dengan teknik fertilitas dari tiga orang. Bayi laki-laki tersebut memiliki DNA kedua orangtua kandungnya dan sedikit bagian dari kode genetik yang berasal dari donor.

Dipilihnya teknik yang radikal itu bukan tanpa alasan. Ibu bayi tersebut diketahui membawa kelainan genetik pada mitokondria dan bisa menurunkannya ke anak-anaknya. Diharapkan, bayi itu lahir sehat dan bebas dari penyakit genetik yang berasal dari sang ibu.

Mitokondria adalah struktur kecil di dalam hampir setiap sel dalam tubuh yang mengubah makanan menjadi energi yang bisa dipakai tubuh.

Dalam kasus yang ditemukan dalam keluarga dari Jordania itu, kelainan genetik tersebut dinamakan Sindrom Leigh yang dapat menyebabkan efek fatal pada janin. Ini merupakan kelainan saraf berat dan gejalanya muncul pada setahun pertama usia bayi.

Keluarga tersebut sudah mengalami empat keguguran dan dua kematian bayi, satu berusia 8 bulan dan 6 tahun. Bayi yang terlahir dengan sindrom ini pada umumnya berusia tidak lebih dari 3 tahun.

Mutasi pada 75 gen berbeda merupakan penyebab terjadinya Sindrom Leigh. Kebanyakan mutasi terjadi pada DNA dari nukleus, tetapi satu dari lima kasus terjadi pada mitokondrial DNA.

Para ilmuwan fertilitas telah merancang beberapa metode kesuburan untuk membantu keluarga-keluarga dengan masalah serupa.

Tim dokter dari Amerika Serikat yang menangani kasus ini harus terbang ke Meksiko untuk melakukan prosedur teknik fertilitas tiga orang ini karena hukum di negeri Paman Sam ini masih melarangnya.

Mereka menggunakan metode untuk mengambil semua DNA vital dari sel telur ibu dan mitokondria sehat yang berasal dari donor sel telur untuk menciptakan sel telur baru yang lebih sehat dan bisa dibuahi sel sperma ayah.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber BBC News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.