Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gangguan Seksual yang Malu Diungkapkan Wanita

Kompas.com - 05/10/2016, 12:45 WIB

KOMPAS.com - Dibandingkan pria, para wanita sebenarnya lebih peduli pada kesehatannya. Kaum hawa ini juga segera mencari pertolongan dokter bila merasakan gejala penyakit. Walau begitu, ada gangguan kesehatan yang malu untuk diungkap wanita.

Gangguan seksual adalah salah satu masalah yang lebih suka disimpan rapat-rapat oleh wanita. Dalam sebuah survei terungkap tiga perempat wanita mengatakan libido mereka menurun setelah mencapai usia 50 tahun.

Lebih dari separuh responden mengatakan terlalu malu untuk berkonsultasi pada dokter untuk gangguan seksual tersebut. Tak heran bila hanya dua persen saja yang mendapatkan terapi dari dokter.

Selain penurunan gairah seksual, rasa tidak nyaman saat berhubungan seksual dan kekeringan pada vagina juga menjadi gangguan yang dianggap memalukan untuk dikonsultasikan ke dokter.

Gangguan yang terjadi pada organ intim wanita itu sebenarnya adalah gejala-gejala yang lazim dialami wanita usia menopause. Sekitar 27 persen responden mengakui mereka juga tidak nyaman membicarakan hal itu pada suaminya.

Padahal, menurut Dr.Rosemary Leonard, gangguan akibat menopause dengan mudah bisa diatasi oleh dokter.

"Ternyata kebanyakan wanita merasa gejala-gejala itu adalah bagian dari penuaan dan mereka tidak sadar bisa mendapatkan terapi pengobatan untuk masalahnya," kata Leonard.

Survei tersebut dilakukan pada 1.023 wanita dan 977 pria berusia di atas 54 tahun yang memiliki pasangan.

Penurunan libido juga bisa terjadi karena seiring dengan pertambahan usia, banyak wanita merasa tidak percaya diri jika suaminya melihat tubuhnya yang telanjang.

Di luar masalah penampilan, ternyata 91 persen orang yang disurvai mengatakan hubungan dengan pasangannya lebih kuat dalam mencintai dan rasa percaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com