Pertolongan Pertama untuk Masalah Kesehatan Jiwa

Kompas.com - 06/10/2016, 06:20 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah kesehatan jiwa ada di sekitar kita, mulai dari yang ringan sampai yang berat dan membahayakan jiwa. Menurut World Federation of Mental Health, satu dari empat orang dewasa akan mengalami masalah kesehatan jiwa suatu waktu dalam hidupnya.

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa dr. Eka Viora, SpKJ mengatakan, mereka yang mengalami masalah kesehatan jiwa sangat butuh dukungan orang-orang terdekat maupun orang di sekitarnya.

"Gangguan jiwa bisa dicegah dengan mengenali tanda-tandanya dan memberi bantuan kepada mereka," kata Eka dalam jumpa pers Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2016 di Gedung Kementerian Kesehatan, Rabu (5/10/2016).

Seperti halnya masalah fisik, pada kesehatan jiwa juga bisa dilakukan pertologan pertama untuk mencegah perburukan kondisi.

Ketika melihat orang terdekat kita stres atau menunjukkan tanda-tanda depresi, kita bisa melakukan pertolongan secara psikologis.

Eka memaparkan, pertolongan pertama yang bisa dilakukan antara lain.

1. Mendekati secara aktif

2. Mendengarkan apa yang mereka ceritakan

3. Berempati dan hindari simpati

4. Menghargai martabat mereka

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X