Menstruasi Tingkatkan Risiko Infeksi Bakteri di Area Vagina

Kompas.com - 06/10/2016, 18:07 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sangat penting bagi wanita untuk menjaga kebersihan area organ intim. Apalagi saat menstruasi atau haid datang.

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran, Jakarta, Liva Wijaya mengungkapkan, menstruasi dapat meningkatkan risiko kontaminasi bakteri. Alasannya, saat menstruasi area kewanitaan akan menjadi lebih lembab.

Kelembaban ini dapat memicu perkembanganbiakan bakteri jahat yang lebih banyak dan memudahkan terjadinya luka atau iritasi.

"Darah ini bagian dari nutrisinya bakteri, dia bisa tumbuh banyak. Dalam keadaan menstruasi yang pH-nya sedikit berubah, kalau pertahanan tuubuh enggak kuat, bakteri akan tumbuh infeksi vulva di vagina," jelas Liva dalam diskusi di Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Meningkatnya pH di area vagina juga dapat menyebabkan bakteri baik Lactobasilus tidak tumbuh. Ekosistem vagina yang sehat, yaitu pH sekitar 3.8-4.5.

Selain itu, perlu diketahui pula bahwa saat menstruasi, normalnya terjadi alir balik darah. Liva menjelaskan, siklus dua arah terjadi ketika sel darah dan jaringan yang harusnya terbuang ke vagina mengalir ke leher rahim dan tuba falopi.

Akibatnya, kontaminasi bakteri semakin mudah, karena ada aliran dari atas ke bawah maupun sebaliknya saat menstruasi.

Liva mengatakan, kasus infeksi juga telah banyak ditemukan setelah periode menstruasi. Infeksi bakteri tidak hanya bisa terjadi pada area luar vagina, tetapi juga bisa masuk ke dalam, seperti leher rahim, hingga panggul.

Untuk itu, sangat penting menjaga kebersihan vagina saat menstruasi untuk menghindari infeksi bakteri di organ kewanitaan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X