Kompas.com - 07/10/2016, 11:09 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Jika Anda sedang berjuang dengan fibrokistik payudara, nyeri PMS atau menopause, atau ingin menurunkan risiko kanker payudara, pertimbangkan lima makanan dan minuman ini.

Kelimanya dapat membantu meningkatkan kesehatan payudara, seperti yang dijelaskan dalam buku Extraordinary Health & Healing.

Kedelai

Kedelai banyak mengandung daidzein dan genistein. Penelitian menunjukkan, dua senyawa ini dapat menurunkan angka insiden penyakit payudara fibrokistik.

Studi juga menunjukkan bahwa kedelai dapat membantu meringankan efek samping menopause, termasuk osteoporosis dan penyakit jantung.

Sebuah penelitian terhadap 9.514 penderita kanker payudara menemukan bahwa konsumsi kedelai membantu mencegah kekambuhan tumor.

Ekstrak gandum

Ekstrak gandum telah terbukti mengurangi berbagai gejala PMS, terutama nyeri payudara. Ada satu studi yang diikuti oleh 100 wanita yang diagnosis mengalami PMS selama dua siklus berturut-turut.

Para relawan wanita dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok menerima 400 mg ekstrak gandum, dan kelompok kedua menerima plasebo.

Terbukti, ekstrak gandum mengurangi gejala fisik PMS sampai dengan 63,6 persen, gejala psikologis 66,3 persen dan gejala PMS umum 65 persen.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.