Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Kesehatan Payudara dengan 5 Makanan Ini

Kompas.com - 07/10/2016, 11:09 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Jika Anda sedang berjuang dengan fibrokistik payudara, nyeri PMS atau menopause, atau ingin menurunkan risiko kanker payudara, pertimbangkan lima makanan dan minuman ini.

Kelimanya dapat membantu meningkatkan kesehatan payudara, seperti yang dijelaskan dalam buku Extraordinary Health & Healing.

Kedelai

Kedelai banyak mengandung daidzein dan genistein. Penelitian menunjukkan, dua senyawa ini dapat menurunkan angka insiden penyakit payudara fibrokistik.

Studi juga menunjukkan bahwa kedelai dapat membantu meringankan efek samping menopause, termasuk osteoporosis dan penyakit jantung.

Sebuah penelitian terhadap 9.514 penderita kanker payudara menemukan bahwa konsumsi kedelai membantu mencegah kekambuhan tumor.

Ekstrak gandum

Ekstrak gandum telah terbukti mengurangi berbagai gejala PMS, terutama nyeri payudara. Ada satu studi yang diikuti oleh 100 wanita yang diagnosis mengalami PMS selama dua siklus berturut-turut.

Para relawan wanita dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok menerima 400 mg ekstrak gandum, dan kelompok kedua menerima plasebo.

Terbukti, ekstrak gandum mengurangi gejala fisik PMS sampai dengan 63,6 persen, gejala psikologis 66,3 persen dan gejala PMS umum 65 persen.

Para wanita yang mengonsumsi ekstrak biji gandum mengalami tingkat penurunan kelelahan, lekas marah, jantung berdebar-debar, sakit kepala, masalah tidur, nafsu makan meningkat.

Bluberi

Bluberi telah terbukti mampu menurunkan pertumbuhan sel tumor payudara. Makan senam ons bluberi atau jenis buah beri lainnya setiap hari, bermanfaat untuk melawan kanker.

Bluberi dapat digunakan untuk membuat smoothies, ditambahkan ke granola, diaduk dengan yoghurt, ditaburi ke oatmeal, atau dipanggang.

Labu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com