Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2016, 11:00 WIB

TANYA:
 
Halo dok, saya ingin bertanya tentang kecerdasan manusia. Apakah anak balita sudah bisa dites tingkat IQ-nya? Lalu apakah hasilnya tidak akan berubah nanti setelah ia sudah besar.

Saya tertarik untuk mengetes IQ anak saya, karena menurut pengamatan saya ia cukup berbakat dan cerdas dibanding anak seusianya. Maksutnya nanti kalau memang benar anak saya jenius, saya ingin mengarahkan dia dengan tepat agar bakatnya tidak sia-sia. Terima kasih penjelasan dokter.
Hidayat (33), Semarang

JAWAB:
Halo Pak Hidayat yang baik,
Pemeriksaan kecerdasan atau intelegensia memang bisa dengan menggunakan test IQ (intelligence quotient). Pemeriksaan ini biasanya dilakukan oleh teman-teman psikolog.

Pemeriksaan IQ berhubungan dengan usia mental dari orang yang ingin diperiksa. Jadi misalnya yang diperiksa usianya balita maka akan dibandingkan bagaimana pencapaian kecerdasannya di usia tersebut dengan balita lain yang tentunya sudah dilakukan dan disajikan dalam nilai baku yang sudah disepakati.

Jadi, nanti akan didapatkan hasil apakah orang yang diperiksa itu di dalam rentang normal, di bawah rata-rata atau di atas rata-rata orang seusianya. Maka dari itu pemeriksaan saat usia balita maka hasil pemeriksaannya akan menggambarkan kondisi saat usia balita, kalau nanti sudah usia dewasa mungkin akan berbeda lagi hasilnya mengikuti perkembangan kecerdasannya.

Pemeriksaan kecerdasan meliputi berbagai aspek dan biasanya dilakukan dalam serangkain tes yang sudah terbukti validitasnya. Salah satu aspeknya adalah bagaimana memecahkan masalah sesuai dengan tingkatan usianya.

Pemeriksaan psikologis juga bukan hanya melulu pemeriksaan kecerdasan atau test IQ, tetapi juga ada pemeriksaan kepribadian, dan psikomotor.

Ada baiknya bapak bisa berkunjung ke lembaga pemeriksaan psikologi di kota bapak dan berkonsultasi dengan psikolog di sana tentang tujuan pemeriksaan bapak. Saya yakin rekan psikolog di sana dapat membantu.

Salam Sehat Jiwa
 
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com