Kompas.com - 11/10/2016, 09:05 WIB
Ilustrasi kanker ShutterstockIlustrasi kanker
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Dalam dunia kedokteran, ada lebih dari 100 jenis kanker yang berbeda, tergantung di mana sel kanker tumbuh di dalam tubuh.

Kanker sering menimbulkan penderitaan dan rasa sakit bagi penderitanya. Gejala sakitnya akan bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti lokasi kanker, penyebab tepatnya dan kadang jenis pengobatan juga bisa menimbulkan efek samping yang menyakitkan.

Untuk lebih memahami rasa sakit yang ditimbulkan karena kanker, mari kita lihat sekilas empat jenis kanker yang paling berpotensi menyakitkan.


KANKER PERUT

Saat ini, kanker perut masuk menjadi salah satu dari lima jenis kanker yang paling banyak terdeteksi di seluruh dunia, dengan hampir satu juta kasus baru didiagnosa setiap tahunnya. Kanker perut sering menjadi sangat menyakitkan, karena sifatnya tersembunyi.

Kebanyakan orang dengan kanker perut baru sadar setelah kanker telah menyebar melewati tempat asalnya.

Gejala awal yang timbul biasanya adalah sakit perut, penurunan berat badan, dan mulas. Rasa sakit bervariasi pada tiap orang tergantung di mana sel kanker menyebar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seringkali, kanker menyebar ke usus, menyebabkan gangguan pencernaan yang sangat menyiksa dan mungkin memerlukan pembedahan untuk meringankannya.


KANKER PANKREAS

Meskipun secara teoritis kanker pankreas bisa menyebar ke mana saja, namun yang paling sering adalah menyebar ke kelenjar getah bening dan tulang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X