Kompas.com - 12/10/2016, 19:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Mencintai diri sendiri adalah hal penting untuk hidup yang lebih baik. Ini memengaruhi Anda dalam memilih pasangan, cara membawa diri di tempat kerja, dan bagaimana Anda mengatasi masalah dalam hidup Anda dan lain sebagainya.

Apakah mencintai diri sendiri adalah seperti membeli baju baru? Atau bisa didapat dengan membaca sesuatu yang inspiratif? Atau, dengan menjalin hubungan baru?

Jawaban atas semua pertanyaan ini adalah tidak! Meskipun hal-hal di atas bisa membuat Anda merasa lebih baik dan puas, Anda tidak bisa menumbuhkan rasa cinta diri melalui kegiatan-kegiatan itu, karena mencintai diri sendiri bukan hanya tentang merasa lebih baik.

Menurut psikolog dari AS, Deborah Khoshaba Psy.D., cinta-diri adalah penghargaan kepada diri sendiri yang tumbuh dari tindakan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis dan spiritual. Cinta-diri bersifat dinamis dan tumbuh dari tindakan dan pemikiran yang matang.

Ketika kita bertindak dengan cara yang memerluas cinta diri di dalam kita, kita akan mulai menerima kelemahan sama seperti menerima kelebihan.

Kita juga akan memiliki belas kasihan bagi diri kita sendiri, sebagai manusia berjuang untuk menemukan makna pribadi, lebih fokus pada tujuan dan nilai-nilai hidup dan berusaha hidup lebih baik melalui usaha kita sendiri.

Tujuh Cara Mencintai Diri Sendiri

1. Sadar diri.

Orang yang mencintai dirinya cenderung lebih memahami apa yang mereka pikir, rasa dan ingin. Mereka tahu seperti apa dirinya dan bertindak bermodalkan pengetahuan itu, bukan bertindak atas kemauan orang lain.

2. Bertindak berdasarkan kebutuhan bukan keinginan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.