Kompas.com - 16/10/2016, 13:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Jepang terkenal sebagai negara dengan tingkat harapan hidup tertinggi. Banyak penduduknya yang tetap sehat sampai usia tua. Menurut ahli gizi dari London, Cassandra Barns, rahasia panjang umur penduduk Jepang ternyata terletak pada apa yang mereka makan sehari-hari.

Cassandra pun memaparkan lima makanan Jepang yang menyehatkan dan dapat meningkatkan usia harapan hidup.

1. Ikan
Orang Jepang sangat suka makan ikan. Ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya memperlancar aliran darah, ikan juga bermanfaat untuk kesehatan otak, mata, dan mengurangi inflamasi atau peradangan.

Hal ini dapat mencegah radang sendi, penyakit jantung, hingga Alzheimer yang umumnya muncul di usia tua.

Ikan juga kaya selenium yang sangat penting untuk mempertahankan antioksidan dan sistem kekebalan tubuh. Kemudian, ikan mengandung vitamin B yang membantu menjaga zat kimia di otak tetap seimbang

2. Miso dan Umami
Salah satu rahasia sehat orang Jepang adalah karena konsumsi makanan kedelai yang difermentasi, seperti miso dan umami.

Miso dan umami mengandung isoflavon yang dapat membantu mengatasi masalah wanita setelah menopause. Keledai juga mendangung phytoestrogen, suatu senyawa yang memiliki efek seperti estrogen.

Isoflavon dalam kedelai dipercaya dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker endometrium pada wanita setelah menopause.

Lebih dari itu, makanan ini juga dikenal bermanfaat untuk kepadatan mineral di tulang sehingga menurunkan risiko osteoporosis dan patah tulang.

3. Rumput laut
Rumput laut kaya akan mineral, seperti yodium, seng, magnesium, kalsium, kalium, dan puluhan mineral lainnya yang kita butuhkan untuk sistem kekebalan tubuh. Rumput laut juga sebagai antioksidan dan baik untuk kesehatan jantung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.