Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antara Timbangan, Lingkar Pinggang, dan BMI Mana yang Paling Tepat?

Kompas.com - 18/10/2016, 22:05 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Jika bicara tentang ukuran tubuh yang sehat, kita akan langsung mengacu pada istilah indeks massa tubuh (BMI), lingkar pinggang atau angka timbangan. Dari ketiga ukuran tersebut, mana yang menurut Anda paling bisa diandalkan? Berikut ini tinjauannya.

Indeks massa tubuh

BMI (Body Mass Index) atau indeks massa tubuh adalah formula standar untuk menentukan rasio antara tinggi dan berat badan.

BMI telah terbukti menjadi indikator yang cukup andal untuk mengukur kadar lemak tubuh untuk kebanyakan orang dewasa, namun tidak untuk orang tua atau orang-orang yang penuh otot. BMI yang dianggap sehat adalah antara19 sampai 25.

Indeks massa tubuh adalah cara cepat untuk mengkategorikan berat badan seseorang apakah di bawah normal, normal, kelebihan berat badan, atau obesitas," kata Mary Hartley, R.D., ahli gizi DietsinReview.com.

Timbangan berat badan

Banyak orang memiliki hubungan yang sangat rumit dengan timbangan berat badan. Berat badan berfluktuasi secara alami sepanjang waktu berdasarkan berbagai faktor termasuk stres, hidrasi, menstruasi dan jam Anda menimbang. Walhasil, menimbang berat badan setiap hari dapat memicu stres.

Timbanglah berat badan seminggu atau sebulan sekali untuk mengevaluasi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Lingkar pinggang

Menurut Harley adalah tidak masuk akal jika kita mengukur lingkar pinggang lebih dari empat sampai enam minggu sekali. Menurutnya, pengukuran sebaiknya dilakukan enam bulan sampai setahun sekali.
Ukuran pinggang yang ideal sebaiknya tidak lebih dari setengah tinggi badan Anda.

Pengukuran lingkar pinggar baik digunakan untuk mengukur hasil perubahan gaya hidup, misalnya penambahan beban latihan di gym atau program pembatasan kalori dan lain sebagainya.

Pengukuran lingkar pinggang setiap beberapa bulan akan menjadi cara yang bagus untuk memeriksa kemajuan Anda.

Intinya, mengetahui berapa ukuran Anda, baik BMI, berat badan atau lingkar pinggang, penting untuk mengevaluasi status kesehatan dan mengukur risiko kesehatan yang mungkin terjadi. Namun, pada akhirnya tidak ada yang disebut ukuran yang sempurna.

Tapi percayalah, tubuh Anda akan sehat dengan gaya hidup yang seimbang, makanan bergizi, aktivitas fisik dan memelihara hubungan positif dengan orang lain dan diri sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com