Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2016, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Kebiasaan buang air besar ternyata berdampak besar pada kesehatan organ pencernaan. Walau Anda merasa nyaman duduk lama di toilet, tapi kebiasaan ini bisa memicu gangguan wasir.

Kehadiran toilet duduk memang bisa membuat kita melakukan berbagai hal sambil menunggu perut mulas saat buang hajat.

"Saat ini orang cenderung berlama-lama saat buang hajat. Sembari BAB orang juga membaca, mendengarkan musik, bahkan melamun," kata dr. Asrul Muhadi, spesialis bedah dalam acara konferensi pers acara operasi massal wasir di Klinik Rumah Wasir Jati Asih Bekasi (16/10/2016).

Kebiasaan itu, menurutnya, dapat memicu wasir atau awam menyebutnya ambeien. Wasir terjadi ketika pembuluh darah di dalam dan sekitar anus atau rektum bawah membengkak.

Saat duduk di toilet, anus akan menjadi rileks,s ehingga pembuluh darah di sekitarnya dipenuhi darah dan lama kelamaan menyebabkan tekanan.

Asrul mengatakan, buang air besar dengan toilet jongkok sebenarnya lebih bersahabat untuk kesehatan, karena bisa sekaligus menguatkan otot-otot rektum.

Kebiasaan buruk lain yang tidak disadari bisa menimbulkan wasir adalah mengejan terlalu keras. "Saat mengejan akan terjadi penyempitan pembuluh darah, kemudian pecah dan menyebabkan peradangan hingga timbulnya benjolan di anus," paparnya.

Untuk mencegah feses yang keras sehingga kita tak perlu mengejan, konsumsi serat dengan cukup. Asupan serat yang direkomendasikan adalah 30 gram setiap hari.

Selain itu, tunggulah sampai perut terasa mulas atau ada dorongan untuk buang hajat sebelum Anda duduk di toilet. Jika dalam 10 menit tak terjadi apa-apa, sebaiknya sudahi usaha untuk BAB dan kembali lagi kemudian.

Gangguan wasir pada umumnya tidak bergejala. Seseorang baru menyadari adanya wasir saat menemukan ada darah ketika BAB, atau anus terasa panas ketika duduk terlalu lama.

Asrul menjelaskan, pada stadium 1 dan 2, biasanya pengobatan wasir bisa dengan obat-obatan atau mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, antara lain minum cukup air, olahraga rutin, dan mengonsumsi serat.

"Operasi wasir hanya untuk stadium 3 dan 4. Saat ini pun sudah ada pilihan tindakan yang cepat, murah, dan tidak perlu jahitan, yaitu dengan teknologi BEIM," katanya.  

Teknik BEIM diperkenalkan oleh klinik Rumah Wasir sebagai keunggulan barunya. Teknik ini dikenal juga dengan istilah laser safute. Salah satu kelebihannya adalah durasi operasi cukup singkat, hanya 15 menit dan pasien tidak memerlukan rawat inap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com