Lima Cara Memulihkan Tubuh Seusai Berolahraga

Kompas.com - 22/10/2016, 16:00 WIB
Olahraga bareng hewan kesayangan bisa mengurangi rasa bosan. ShutterstockOlahraga bareng hewan kesayangan bisa mengurangi rasa bosan.
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com -  Keistimewaan olahraga memang tak bisa dipungkiri bagi kesehatan tubuh. Masalahnya, terkadang olahraga juga bisa menimbulkan pelbagai masalah kalau tak dilakukan dengan benar. Contoh sederhananya, rencana memulihkan tubuh pasca olahraga.

Tak sedikit orang yang abai mengenai hal ini. Padahal, memiliki rencana pintar untuk memulihkan tubuh pasca olahraga, amat baik untuk kondisi tubuh dan pertumbuhan otot. Nah, lalu bagaimana caranya? Berikut cara memulihkan tubuh seusai berolahraga.

1.Tidur

Kualitas tidur telah terbukti menjadi suatu aspek kritis dari kesehatan tubuh seseorang. Nah, tidur yang berkualitas amat penting kita lakukan  setelah kita berolahraga. Sebab, tidur akan “me-reset” tubuh kita agar segar terasa segar kembali.

Saat tertidur pula, tubuh kita akan melepaskan hormon pertumbuhan. Hormon inilah yang membangun kembali sel-sel dan jaringan tubuh.  Tidur merupakan hal utama yang perlu dilakukan untuk memperbaik otot-otot yang mengalami kerusakan seusai berolahraga.

2. Asupan protein

Asupan protein tak boleh dilupakan bila ingin berolahraga. Nah, yang perlu kita tahu, protein tak hanya dibutuhkan saat hendak berolahraga. Namun, kita juga perlu mengonsumsi protein setelah berolahraga dan sebelum tidur.

Asupan protein setelah berolahraga akan membantu tubuh serta memastikannya memiliki bahan bakar yang cukup, untuk memperbaiki kerusakan otot. Nah, begitu pula halnya sebelum tidur. Mengonsumsi makanan ringan di malam hari tak buruk bagi semua orang kok. Memberikan asupan protein ke sistem tubuh sebelum tidur, bisa membantu proses pemulihannya semakin cepat.

3. Aktivitas pendukung pemulihan

Mungkin kita akan tergoda untuk berhenti bergerak seusai berolahraga. Hal itu memang tak salah, tapi kurang baik bila kita ingin memulihkan tubuh dengan segera.  Setelah berolahraga, ada baiknya kita melakukan suatu hal yang bisa mengurangi  kadar laktat dalam otot.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X