Mitos Salah tentang Indeks Massa Tubuh

Kompas.com - 23/10/2016, 13:37 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Studi demi studi menemukan bahwa kegemukan berhubungan dengan penyakit seperti diabetes, penyakit jantung dan Alzheimer. Kata kuncinya adalah "berhubungan".

Menurut Bacon, kita tidak tahu pasti apakah memang kelebihan berat badan yang "menyebabkan" masalah kesehatan itu.

"Selama ini kita sangat percaya bahwa menjadi gemuk adalah hal yang sangat buruk," kata Linda Bacon, PhD, penulis buku Health At Every Size: The Surprising Truth About Your Weight.

Masalah kesehatan bisa disebabkan oleh kombinasi banyak hal. Sebagai contoh, orang-orang yang memiliki angka Indeks Massa Tubuh (IMT) tinggi, ternyata cenderung pernah bermasalah dengan pola makan, jelas Bacon.

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet yo-yo, atau fluktuasi berat badan, memiliki dampak negatif pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Karena itulah, menurut Bacon, ada lima fakta IMT yang sebaiknya Anda pikirkan kembali.

Mitos: BMI rendah artinya Anda sehat

Kegemukan telah lama dikaitkan dengan hal-hal seperti tekanan darah, gula darah dan kolesterol tinggi. Jadi, mungkin menurut Anda adalah masuk akal bahwa IMT yang rendah sama dengan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan tersebut. Tapi, itu salah.

Dalam satu penelitian mengenai IMT 40 ribu orang dewasa, para peneliti menemukan tidak ada korelasi antara IMT dan masalah kesehatan seperti tekanan darah dan gula darah tinggi.

Banyak orang dalam kategori "gemuk" memiliki tingkat gula dan tekanan darah yang normal, dan banyak yang memiliki IMT normal justru memiliki tekanan darah , gula darah, dan kolesterol tinggi.

Mitos: BMI tinggi meningkatkan risiko serangan jantung

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X