Kompas.com - 25/10/2016, 17:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Rambut rusak tidak selalu ditunjukkan oleh ujung yang bercabang atau mudah kusut. Berikut cara mudah dan cepat dalam mendeteksi sesehat apa rambut Anda.

Sama seperti masa inkubasi penyakit, rambut juga membutuhkan waktu cukup lama untuk sampai pada tahap terlihat tidak sehat.

Rambut kering, mudah kusut, bercabang rontok, hingga warna yang pudar, merupakan tanda bahwa rambut sudah dalam kondisi rusak. Rambut rusak memang bukan berarti tak dapat menjadi sehat lagi, namun diperlukan waktu lebih lama untuk mengembalikan vitalistasnya.

Mencoba mendeteksi sesehat apa rambut Anda sebelum gejala kerusakan muncul, dapat menjadi kunci apakah rambut dalam kondisi prima atau memerlukan perawatan ekstra.

Tenang, Anda tak perlu menggunakan peralatan canggih untuk melihat kondisi kesehatan rambut, cukup sediakan gelas transparan yang diisi air sebanyak 200 ml.

Gunting sedikit ujung rambut, lalu masukkan ke dalam gelas tersebut. Jika rambut mengapung, tandanya rambut dalam keadaan sehat. Anda cukup melakukan perawatan seperti biasa.

Bila rambut tenggelam, tandanya rambut sedang dalam kondisi tidak sehat. Saat rambut tenggelam, tandanya air dapat menembus kutikula dengan mudah, karena kondisi kutikula yang rusak.

Kutikula rusak bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti, menggunakan shampo dengan kandungan alkohol pemicu rambut kering seperti sopropyl alcohol, propyl alcohol, propanol atau SD alcohol 40, menyisir saat rambut masih basah, menggunakan pemanas rambut, bahkan termasuk mengonsumsi makanan minim nutrisi bagi rambut.

Untuk mengatasi hal ini, penanganan dari luar yang bisa Anda lakukan ialah gunakan masker rambut dengan kandungan amino dan fatty lipids, yang akan meningkatkan vitalitas lapisan luar rambut Anda, menjaga helai rambut halus, lembab, dan bercahaya.

Sedang perwatan dari dalam, Anda bisa mengasup makanan yang dapat menutrisi rambut, seperti sayuran hijau dengan kandungan vitamin A, C, zat besi, beta karoten, folat, untuk membantu menyehatkan folikel rambut, membuat rambut tidak mudah rapuh, rontok, atau patah.

Perbanyak juga makanan dengan kandungan zinc, sebab kekurangan zinc dikaitkan sebagai penyebab kerontokan rambut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.