Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2016, 17:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Rambut rusak tidak selalu ditunjukkan oleh ujung yang bercabang atau mudah kusut. Berikut cara mudah dan cepat dalam mendeteksi sesehat apa rambut Anda.

Sama seperti masa inkubasi penyakit, rambut juga membutuhkan waktu cukup lama untuk sampai pada tahap terlihat tidak sehat.

Rambut kering, mudah kusut, bercabang rontok, hingga warna yang pudar, merupakan tanda bahwa rambut sudah dalam kondisi rusak. Rambut rusak memang bukan berarti tak dapat menjadi sehat lagi, namun diperlukan waktu lebih lama untuk mengembalikan vitalistasnya.

Mencoba mendeteksi sesehat apa rambut Anda sebelum gejala kerusakan muncul, dapat menjadi kunci apakah rambut dalam kondisi prima atau memerlukan perawatan ekstra.

Tenang, Anda tak perlu menggunakan peralatan canggih untuk melihat kondisi kesehatan rambut, cukup sediakan gelas transparan yang diisi air sebanyak 200 ml.

Gunting sedikit ujung rambut, lalu masukkan ke dalam gelas tersebut. Jika rambut mengapung, tandanya rambut dalam keadaan sehat. Anda cukup melakukan perawatan seperti biasa.

Bila rambut tenggelam, tandanya rambut sedang dalam kondisi tidak sehat. Saat rambut tenggelam, tandanya air dapat menembus kutikula dengan mudah, karena kondisi kutikula yang rusak.

Kutikula rusak bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti, menggunakan shampo dengan kandungan alkohol pemicu rambut kering seperti sopropyl alcohol, propyl alcohol, propanol atau SD alcohol 40, menyisir saat rambut masih basah, menggunakan pemanas rambut, bahkan termasuk mengonsumsi makanan minim nutrisi bagi rambut.

Untuk mengatasi hal ini, penanganan dari luar yang bisa Anda lakukan ialah gunakan masker rambut dengan kandungan amino dan fatty lipids, yang akan meningkatkan vitalitas lapisan luar rambut Anda, menjaga helai rambut halus, lembab, dan bercahaya.

Sedang perwatan dari dalam, Anda bisa mengasup makanan yang dapat menutrisi rambut, seperti sayuran hijau dengan kandungan vitamin A, C, zat besi, beta karoten, folat, untuk membantu menyehatkan folikel rambut, membuat rambut tidak mudah rapuh, rontok, atau patah.

Perbanyak juga makanan dengan kandungan zinc, sebab kekurangan zinc dikaitkan sebagai penyebab kerontokan rambut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com