Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2016, 21:25 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Apapun tujuan diet Anda, entah itu mengurangi berat badan atau menginginkan pola makan yang lebih sehat, lakukan 3 kegiatan ini sebelum tidur, agar lebih efektif.

Hentikan konsumsi minuman manis 2 jam sebelum tidur

Walaupun minuman manis favorit dapat menjadi teman sempurna untuk bersantai sebelum tidur, kandungan gula tinggi justru dapat mengganggu kualitas tidur Anda, dan itu bukanlah pilihan terbaik penurunan berat badan.

Selain itu, minuman manis biasanya juga akan membuat Anda tergoda untuk menikmati kudapan asin sebagai penyeimbang rasa.

Alih-alih meneguk minuman manis yang di akhiri dengan ngemil, Anda bisa menikmati susu hangat dengan rasa plain atau menyeduh secangkir teh herbal tanpa gula.

Pilihan itu dapat membuat tubuh lebih rileks serta menawarkan tidur lebih nyenyak. Lalu, akhiri dengan rutinitas peregangan atau berlatih pernapasan melalui meditasi singkat untuk melepas stres


Siapkan kudapan sehat untuk esok hari

Luangkan waktu lima menit sebelum tidur untuk menyiapkan hidup sehat di hari berikutnya, secara psikologis, akan membantu Anda menghindari godaan.

Seperti menyiapkan buah potong dalam wadah dan menyimpannya di lemari pendingin sebagai bekal esok hari, atau siapkan keperluan olahraga dalam tas khusus.

Dengan begitu, hidup sehat terasa lebih mudah karena Anda sudah menyiapkan segalanya. Itu akan membuat Anda enggan untuk memilih camilan tak sehat atau melewatkan sesi olahraga.


Tinjau kembali apa yang dimakan hari ini

Membuat jurnal makanan adalah cara terbaik untuk tetap bertanggung jawab terhadap pilihan makanan.

Sebelum tidur, lihatlah kembali pilihan makanan Anda di hari ini, apakah sudah sesuai dengan tujuan sehat Anda atau belum. Ini dapat menjadi motivasi untuk terus membuat pilihan-pilihan makan yang sehat!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com