Kompas.com - 31/10/2016, 09:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anemia merupakan kondisi kurangnya sel darah merah yang sehat. Umumnya disebabkan kekurangan zat besi. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013, sekitar 22,7 persen wanita berusia 13-49 tahun dan 37,1 persen ibu hamil di Indonesia menderita anemia.

Sayangnya, anemia sering kali tak disadari sampai muncul gejala yang berat. Wakil Ketua Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), dr. Yustina Anie Indriastuti, MSc, SpGK mengungkapkan, gejala anemia bisa dikenali dengan adanya 5 L, yaitu lesu, lemah, letih, lelah, dan lalai.

"Lima L itu sebagai gambaran kurangnya oksigen ke otak maupun ke seluruh tubuh," kata Anie dalam acara diskusi di Jakarta, Sabtu (29/10/2016).

Anie menjelaskan, sel darah merah berfungsi membawa makanan dan oksigen ke seluruh tubuh. Ketika kekurangan sel darah merah atau Hb rendah, tubuh pun tak cukup mendapat oksigen dan nutrisi.

Selain 5 L, gejala lain biasanya terasa pusing atau kliyengan, dan cepat kelelahan saat bekerja.

Berdasarkan sebuah riset, anemia turut menjadi faktor penyebab turunnya produktivias kerja sebanyak 20 persen atau sekitar 6,5 jam per minggu. Sebab, kurangnya oksigen pada otak bisa membuat cepat lelah dan menurunnya konsentrasi.

Untuk mencegah anemia, Anie mengingatkan pentingnya makanan bergizi seimbang dan suplemen zat besi secara teratur jika diperlukan. Menurut Anie, kesadaran masyarakat mengenai pemenuhan zat gizi sehari-hari masih kurang.

Makanan yang kaya zat besi, yaitu berasal dari protein hewani, seperti ati, daging sapi, ayam, dan kambing, serta ikan.

Zat besi sebenarnya juga terdapat di sayuran hijau seperti bayam, dan juga tahun. Akan tetapi, zat besi dari sumber nabati lebih sulit diserap oleh tubuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.