Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2016, 15:09 WIB

KOMPAS.com - Benjolan pada payudara memang sering membuat cemas para wanita. Namun, sekitar 1 dari 6 wanita yang didiagnosis kanker payudara ternyata mengalami gejala yang bukan berupa benjolan.

Tanpa adanya benjolan, kanker payudara sering tidak disadari gejalanya. Karena itu, biasanya wanita yang tidak mengalami benjolan tidak langsung ke dokter. Lain halnya dengan wanita yang meraba adanya benjolan.

"Sangat penting bagi wanita untuk menyadari bahwa benjolan bukan satu-satunya gejala kanker payudara. Jika merasa tidak yakin dengan gejala-gejala tertentu di payudara, segeralah cek ke dokter," kata Monica Koo, kandidat doktor dari Universitas College London.

Koo dan timnya melakukan analisa data di Inggris yang melibatkan 2.300 wanita yang terdiagnosis kanker payudara antara tahun 2009-2010.

Koo mengelompokkan tiap pasien berdasarkan gejala yang mereka periksakan ke dokter. Total, 83 persen wanita itu mengalami benjolan pada payudara, gejala kanker payudara yang paling dikenali.

Sekitar 7 persen mengalami ketidaknormalan pada putingnya, 6 persen mengeluhnya nyeri pada payudara, 2 persen mengeluhkan kulit payudara yang tidak normal, dan 1 persen mengalami ada borok di payudaranya.

Sejumlah kecil wanita juga mengalami gejala yang tidak terkait dengan payudara. Misalnya saja ada benjolan di ketiak, ada yang mengeluh nyeri punggung, atau nyeri otot dan susah bernapas.

Para pasien yang tidak mengalami benjolan itu umumnya menunda pemeriksaan ke dokter. Padahal, penyakit kanker payudara memiliki peluang kesembuhan lebih besar jika segera mendapat perawatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com