Kompas.com - 11/11/2016, 15:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

TANJUNGPINANG, KOMPAS.com - Penyakit kanker tak mengenal usia. Mereka yang masih anak-anak, bahkan bayi sekalipun bisa terkena kanker. Penyebab mengapa sel-sel menjadi tidak terkendali sehingga memicu kanker hingga saat ini tidak diketahui pasti.

Saat ini setidaknya ada sekitar 200 jenis kanker. Dokter kanker anak dari Rumah Sakit Omni, Pulomas, Jakarta, dr Anky Tri Rini KE, SpA-Onk mengungkapkan, jenis kanker pada orang dewasa juga dapat mengenai anak, tetapi ada juga yang tidak.

Berikut berbagai jenis kanker yang bisa mengenai anak-anak, seperti dijelaskan Anky dalam dalam kegiatan program edukasi Garuda Indonesia Peduli Kanker Serviks dan HIV/AIDS di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (9/11/2016).

1. Leukemia
Leukemia atau kanker darah merupakan jenis kanker yang paling banyak dijumpai pada anak-anak. Berbeda dengan jenis kanker lainnya, leukemia adalah jenis kanker cair, bukan kanker pada berupa tumor.

"Ada leukemia kongenital, jadi dari sejak lahir sudah terkena leukemia," kata Anky.

Jenis kanker ini juga bisa menyebar ke organ tubuh lainnya. Pada anak laki-laki, bisa menyebar ke buah zakar atau testis. Munculnya sel kanker pada alat kelamin anak laki-laki ini bisa dilihat jika besarnya testis kanan dan kiri tidak sama.

2. Retinoblastoma
Retinoblastoma merupakan kanker bola mata yang juga cukup sering menyerang anak-anak. Waspadai retinablastoma jika mata anak terlihat seperti mata kucing, mata merah, dan mata juling. Retinablastoma dapat menimbulkan benjolan pada mata.

3. Neuroblastoma
Neuroblastoma adalah kanker pada sistem saraf. Neuroblastoma berbentuk tumor padat yang bisa muncul di beberapa bagian tubuh. Sering kali muncul benjolan pada perut anak. Perut anak anak akan membesar dan padat ketika diraba.

4. Kanker tulang
Seperti halnya orang dewasa, anak-anak juga bisa terkena kanker tulang. Anky mengungkapkan, gejalanya bisa berupa besarnya tungkai kaki yang tidak sama. Kanker tulang ini bisa menyebar ke paru-paru anak.

5. Kanker hati dan ginjal
Organ hati dan ginjal juga bisa diserang sel kanker. selain orang dewasa, anak-anak juga bisa terkena kanker hati maupun ginjal. Gejalanya juga bisa berupa perut anak yang semakin buncit dan teraba benjolan.

6. Kanker indung telur
Meski sangat jarang, kanker indung telur bisa ditemukan pada anak perempuan. Anky mengaku pernah mendapati pasien kanker indung telur yang saat itu usia pasien masih belasan tahun atau masih SMP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.