Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Waktu Tidur Anda

Kompas.com - 11/11/2016, 18:25 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Akhir minggu adalah waktu paling tepat untuk memperbaiki pola tidur Anda, bukan untuk tidur sepuasnya tanpa aturan. Lupakan dulu kewajiban tidur tujuh sampai delapan jam semalam seperti yang direkomendasikan oleh National Sleep Foundation. Itu adalah hitungan rata-rata.

Sebenarnya, kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda. Berikut adalah cara untuk menentukan jumlah optimal tidur yang Anda butuhkan dalam hitungan yang tepat hingga ke menitnya.

"Sekitar 70 persen populasi orang dewasa membutuhkan antara enam sampai sembilan jam tidur malam setiap hari agar merasa segar," kata Shelby Harris, PsyD, direktur terapi gangguan tidur di Sleep-Wake Disorders Center at Montefiore Medical Center.

Ada orang yang merasa baik-baik saja dengan tidur selama enam jam per hari dan ada yang tidak. "Genetika punya peran di sini," kata Harris.

Karena Anda tidak dapat mengubah gen tidur Anda, mungkin Anda bertanya-tanya, "Jadi, berapa jam waktu tidur yang saya butuhkan setiap hari?"

Sebelum sampai pada jawabannya, sebaiknya Anda mengingat lagi betapa banyaknya keuntungan yang terjadi jika Anda bisa tidur dalam jumlah waktu yang tepat setiap hari. Mulai dari kesehatan fisik, kemampuan berkonsentrasi, hingga kemampuan motorik akan optimal jika Anda cukup beristirahat.

"Tidur adalah kunci kesehatan. Tidak cukup tidur, berarti Anda merugi," kata Harris lagi.

Ini inilah jawaban dari pertanyaan mengenai berapa lama waktu tidur yang Anda butuhkan.

1. Lebih baik jika Anda mempunyai waktu selama seminggu penuh untuk bisa bangun kapan saja sesuka Anda.

2. Tidurlah pada waktu yang sama setiap malam dan catat jam berapa Anda bangun pagi hari demi hari tanpa gangguan alarm.

3. Hitung berapa banyak Anda tidur pada malam keempat, kelima, dan keenam. Hitung dalam hitungan menit.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X