Soda Diet Bantu Pertahankan Diet Rendah Kalori

Kompas.com - 13/11/2016, 17:14 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Meskipun banyak yang berpendapat bahwa minuman diet soda tetap dapat memicu kenaikan berat badan, percobaan klinis baru-baru ini menemukan hasil sebaliknya.

Julie Upton, MS, RD, dari Appetite For Health mengatakan, “Sesekali, minuman diet soda bisa menjadi teman yang baik untuk berdiet. Bahkan, membantu Anda menurunkan berat badan.”

Dalam studi 12-minggu, yang diterbitkan dalam jurnal Obesity, pelaku diet yang menikmati minuman diet soda mampu menurunkan berat badan rata-rata 6 kilogram atau 44 persen lebih banyak ketimbang peserta yang hanya minum air putih.

Studi ini menjelaskan, minuman dengan pemanis rendah kalori tidak akan menghalangi upaya seseorang untuk mengurangi berat badan, justru pada kenyataannya dapat membantu penurunan berat badan.

Pasalnya, peserta yang diperbolehkan mengonsumsi minuman diet soda mengaku merasa lebih puas dan lebih menikmati diet mereka.

Setelah 6 bulan studi, para peneliti dari University of North Carolina juga mendapati, kelompok yang dibolehkan mengonsumsi diet soda memiliki kemungkinan lebih besar mencapai jumlah yang berarti dalam penurunan berat badan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Peserta juga lebih mungkin untuk memertahankan diet rendah kalori mereka.

Dengan kata lain, studi ini memperkuat bahwa minuman diet soda dapat membantu Anda mengurangi berat badan, karena dapat membantu Anda mencapai dan mempertahankan rencana untuk makan dan minum rendah kalori.

 


Sumber POP SUGAR
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X