5 Fakta tentang Kanker Paru yang Perlu Anda Tahu

Kompas.com - 17/11/2016, 14:05 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Paru-paru merupakan organ yang sangat penting dalam sistem pernapasan manusia. Bagian ini ternyata juga tak bebas dari serangan sel kanker.

Dokter dari Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi-FKUI RSUP Persahabatan, dr Jamal Zaini PhD, SpP (K) menjelaskan, kanker paru adalah kanker yang awal mulanya langsung menyerang bagian paru.

"Ada kanker lain yang menyebar ke paru-paru, itu tidak kita sebut kanker paru. Kanker paru itu asalnya dari jaringan paru," ujar Jamal di RSUP Persahabatan, Jakarta, Rabu (16/11/2016).

Pada bulan kesadaran kanker paru, mari kita lebih mengenal tentang kanker paru.

1. Kanker paling mematikan

Kanker paru memang bukan jenis kanker yang paling banyak diderita. Tetapi, angka kematian akibat kanker paru paling tinggi dibanding penyakit kanker lainnya.

Misalnya, dari 100 orang pasien kanker paru di tahun pertama, sampai tahun kelima hanya dua orang yang bertahan hidup.

"Kanker yang paling banyak menyerang laki-laki itu kan prostat dan kolon. Pada perempuan ada kanker payudara dan serviks. tapi yang paling sering menimbulkan kematian adalah kanker paru," kata Jamal.

2. Mayoritas pasien kanker paru adalah perokok

Jamal mengungkapkan, dari total jumlah pasien kanker paru yang ada, 80 persen adalah perokok. Merokok memang menjadi faktor risiko utama terjadinya kanker paru.

Zat yang bersifat karsinogenik dari kandungan asap rokok perlahan akan merusak paru-paru dan mengembangkan sel kanker. "Perokok 21 kali lipat berisiko kanker paru dibanding yang tidak merokok," ujar Jamal.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X