Kompas.com - 24/11/2016, 11:55 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Meloncat-loncat di trampolin bisa menjadi pilihan olahraga yang efektif sekaligus menyenangkan. Olahraga ini juga bisa dilakukan bersama seluruh anggota keluarga.

Untuk menjaga kebugaran, kita dianjurkan melakukan latihan fisik 30 menit setiap hari, lima kali seminggu.

Olahraga yang sekarang ini sedang tren adalah trampolin. Walau identik dengan anak-anak, tapi rutin berolahraga di trampolin ternyata bermanfaat besar bagi orang dewasa.

Menurut penjelasan dr.Grace Tumbelaka,Sp.KO, latihan trampoline memenuhi tiga unsur olahraga, yaitu kardio, latihan kekuatan, dan juga keseimbangan.

"Yang utama adalah olahraga ini memenuhi unsur fun, sehingga bisa dilakukan bersama seluruh keluarga," katanya dalam acara media diskusi yang diadakan oleh Jumped Trampoline Fit Club di Serpong Tangerang, Selasa (23/11/2016).

Grace mengatakan, unsur fun sangat penting dalam sebuah olahraga untuk menghilangkan anggapan olahraga sebagai beban atau menghabiskan waktu.

"Biasanya orang yang sibuk atau keluarga modern kurang berolahraga karena tidak ada waktu. Akhir pekan pun pengennya istirahat di rumah. Latihan trampoline bisa jadi pilihan olahraga menyenangkan," ujar Grace.

Gerakan melambung sederhana di atas trampolin, lanjut Grace, memberikan efek kardio yang low impact atau benturan rendah. Dengan demikian, tekanannya terhadap persendian lutut juga rendah sehingga mengurangi risiko cidera.

Penelitian juga menunjukkan, berlatih trampolin selama 10 menit memberikan hasil setara dengan jogging 30 menit.

"Jika dilakukan dalam satu program latihan yang terukur dan teratur, maka manfaat yang dihasilkan akan lebih besar. Beberapa riset juga menunjukkan berlatih trampolin dapat meningkatkan keseimbangan pada orang lanjut usia, dan stabilitas pada anak disable," kata dokter yang menjadi anggota National Center Exercise is Medicine Indonesia ini.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.