Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pasien Stroke Usia Dewasa Muda Meningkat karena Obesitas

Kompas.com - 27/11/2016, 12:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com — Para ahli menyatakan, obesitas kini menjadi penyebab utama terjadinya kasus penyumbatan mematikan di otak yang dapat memicu stroke.

Kenaikan jumlah pasien berusia 35 sampai 39 tahun meningkat hingga 147 persen. Sedangkan jumlah pasien berusia 40-an juga naik hingga 100 persen. Pada usia 50-an, 60-an, dan 70-an, stroke tampaknya menjadi penyakit yang semakin umum.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti dari Rutgers University di New Jersey. Mereka melibatkan lebih dari 200.000 orang dewasa di Amerika.

Jumlah pasien rumah sakit akibat kasus penyumbatan di otak ditemukan meningkat sebanyak 46 persen dalam dua dekade terakhir, yaitu dari 4.260 pasien pada tahun 2000 menjadi 6.221 pasien pada tahun lalu, dan usia pasien berkisar antara 40-54 tahun.

Tahun lalu, organisasi Stroke Association melaporkan kenaikan yang mengkhawatirkan dalam jumlah orang dewasa usia kerja yang jatuh sakit. Mereka menemukan, obesitas telah menyalip rokok sebagai pemicu utama stroke, dengan kasus yang meroket hampir setengah kali lipat di antara pria paruh baya.

Para ilmuwan dalam Journal of American Heart Association memperingatkan, stroke kini dapat membunuh dan melumpuhkan lebih banyak orang yang sedang menikmati puncak kehidupan mereka, baik dalam karier maupun rumah tangga.

Peneliti Dr Joel Swerdel dari Rutgers University mengatakan, "Orang-orang di bawah 50 tahun perlu menyadari bahwa stroke tidak hanya terjadi pada masa tua. Ini bisa lebih buruk daripada serangan jantung, dapat merenggut hidup Anda selama 30 sampai 50 tahun dengan cacat fisik.”

Para ahli mengatakan, obesitas dan pilihan makan yang buruk adalah dua hal yang perlu disalahkan. Mereka berkata, "Seseorang yang lahir pada tahun 1945 mungkin akan makan bubur atau telur untuk sarapan. Namun, generasi muda lebih mungkin untuk makan sereal bergula sehingga menjadi cenderung untuk mengonsumsi obat tekanan darah atau tablet penurun kolesterol.”

Itulah sebabnya, pilihan gaya hidup sehat sangatlah penting diwujudkan, apalagi saat usia sudah menginjak 30-an.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com