Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2016, 11:46 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Jangan sepelekan menumpuknya kuman di rongga mulut. Bukan hanya menyebabkan gigi berlubang, infeksi pada gusi ternyata juga memicu artritis.

Penelitian baru menemukan gosok gigi dapat mencegah penyakit artritis. Para ahli mengatakan penemuan ini menambah bukti reumatoid artritis berhubungan dengan kebersihan gigi.

Infeksi A actinomycetemcomitans penyebab penyakit gusi memproduksi protein penyebab kekacauan di sistem kekebalan tubuh. Citrulilination yang mengatur produksi protein tersebut diketahui terjadi secara alami dalam tubuh. Namun, pada pasien reumatoid artritis proses tersebut menjadi overeaktif, menyebabkan inflamasi dan kerusakan jaringan. Begitu laporan para peneliti dari John Hopkins University.

Dalam studi baru itu, peneliti menemukan kejadian itu dengan jelas pada sampel pasien penyakit gusi. Namun peneliti memperingatkan lebih dari separuh peserta penelitian dengan reumatoid artritis belum terinfeksi.

Menurut mereka, ini mengindikasikan bakteri lain di usus, paru-paru atau di organ lain dapat menyebabkan nyeri persendian.

Filipina Andrade dari John Hopkins University berkata, "Ini seperti meletakkan potongan-potongan terakhir puzzle rumit yang sudah dikerjakan bertahun-tahun." Penemuan yang diterbitkan di jurnal Science Translational Medicine ini bakal berdampak pada pencegahan dan pengobatan reumatoid artritis.

Penyakit reumatoid artritis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh gagal dan menyerang sel penyebab persendian kaku dan nyeri. Lebih dari 700.000 orang di Inggris menderita penyakit ini dan paling banyak diderita lansia.

Pemimpin penelitian, Dr Maximillian Konig yang saat ini di Massachusetts General Hospital mengatakan, "Penelitian ini membuat kita semakin dekat pada agar penyebab penyakit reumatoid artritis."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com