Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Minim Aktivitas Fisik Berisiko Diabetes Tipe 2

Kompas.com - 19/12/2016, 16:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Para ahli menyebut ini sebagai penemuan baru yang 'menyedihkan', karena semakin banyak anak yang kurang aktif dan menempatkan generasi muda pada risiko tinggi obesitas dan diabetes tipe 2.

Sekitar 1 dari 5 dari lima anak-anak usia sekolah, tidak mendapatkan kesempatan untuk aktif bergerak di sekolah.

Padahal, pedoman kesehatan merekomendasikan anak-anak untuk melakukan setidaknya 60 menit aktivitas fisik moderat setiap hari, dengan perhitungan 30 menit aktif bergerak di sekolah dan 30 menit di rumah.

Namun, Survei Kesehatan terbaru yang dilakukan Inggris menunjukkan, 21 persen dari anak berusia 5 sampai 15 tahun terlalu banyak duduk, tidak mendapatkan bimbingan cukup untuk olahraga, atau aktivitas yang memacu gerak fisik di sekolah. Sehingga, para ahli menyebut temuan ini sebagai hasil yang "menyedihkan".

Ahli Inggris memperingatkan, kurangnya aktivitas fisik menempatkan generasi muda pada risiko obesitas dan penyakit berbahaya seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker.

Steven Ward, direktur eksekutif UK Active menyerukan bahwa pelajaran olahraga dan aktivitas fisik sama pentingnya dengan bahasa Inggris dan matematika.

Dia mengatakan, "Aktivitas fisik yang kurang merupakan bom waktu bagi kesehatan anak-anak."

Ia pun mendesak sekolah untuk memberikan waktu di mana anak-anak berkomitmen untuk bisa berjalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com