Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2016, 21:07 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Mengambil napas dalam-dalam dapat membantu Anda menenangkan diri ketika dilanda stres, tetapi selain itu teknik pernapasan tersebut ternyata memiliki manfaat baru yang tak terduga.

Menurut para peneliti dari Northwestern University, mengambil napas dalam-dalam melalui hidung dengan mulut tertutup rapat, tak hanya membantu memperkuat otak Anda dalam berpikir, tetapi mempertajam memori Anda juga, Daily Mail melaporkan.

Studi ini melibatkan 60 orang peserta. Peneliti melihat perubahan yang terjadi di otak saat pesreta diminta bernapas dalam menggunakan hidung dan menghembuskannya. Hasilnya, peserta mampu mengidentifikasi dan mengingat hal-hal yang lebih jelas saat bernapas dalam melalui hidung.

“Salah satu temuan utama dalam penelitian ini adalah bahwa ada perbedaan dramatis dalam aktivitas otak di daerah amigdala dan hippocampus selama inhalasi (mengambil napas dalam) dibandingkan dengan bernapas biasa,” penulis utama Christina Zelano.

"Ketika seseorang bernapas dalam, kami menemukan ada yang merangsang neuron di korteks penciuman, amigdala dan hippocampus, serta seluruh sistem limbik," tambahnya.

Sehingga, bila Anda membutuhkan cara untuk mengingat sesuatu dalam waktu singkat, atau menjernihkan pikiran demi memori yang lebih baik, pejamkan mata dan ambil napas dalam selama 3 hitungan lambat, seraya mencoba mengingat atau berpikir.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com