Mengapa Sebaiknya Anda "Nge-Gym" Saat Stres?

Kompas.com - 27/12/2016, 11:32 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bila belakangan ini Anda merasa stres dan buntu dengan apa yang sedang dikerjakan, ini adalah salah satu nasihat yang penting untuk dilakukan: berolahragalah!

Menurut penelitian teranyar, nge-gym atau melakukan olahraga rutin adalah hal yang penting untuk melindungi tubuh melawan stres.

Stres terkait pekerjaan atau kehidupan merupakan salah satu pemicu berbagai gangguan kesehatan fisik dan mental. Stres juga diketahui meningkatkan faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

Dalam jurnal Medicine & Science In Sport & Medicine, disebutkan bahwa memiliki tubuh bugar sangat membantu menurunkan stres para pekerja. Dalam penelitian itu, dilibatkan 200 karyawan di Swedia.

Selain diukur tingkat kebugarannya, tim peneliti juga mengukur faktor risiko penyakit jantung yang dimiliki, termasuk indeks massa tubuh dan level stres.

Tim peneliti menemukan, individu yang paling stres ternyata cenderung menghadapi faktor risiko penyakit jantung.

Saat dibandingkan antara karyawan yang bugar dan tidak bugar dalam menghadapi stres, ternyata mereka dari kelompok tidak bugar bukan hanya lebih terdampak oleh stres tapi juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Hasil penelitian ini menarik karena saat stres biasanya orang malas melakukan aktivitas, apalagi berolahraga. Padahal, dengan menggerakkan tubuh di gym kita bisa mengurangi kadar stres itu.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X