Kompas.com - 09/01/2017, 12:09 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com — Kanker bisa menyerang siapa saja. Kehadiran penyakit ini tentu tak pernah diharapkan oleh siapa pun. Divonis menderita kanker secara mendadak bukan hanya menguras tenaga dan emosi, melainkan juga harta benda.

Beberapa artis Tanah Air pun saat ini tengah berjuang melawan kanker. Dukungan dalam bentuk apa pun akan sangat berarti untuk kesembuhan mereka. Berikut 4 artis Indonesia yang tengah berjuang melawan kanker, seperti dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber.

1. Julia Perez

Artis peran dan juga penyanyi dangdut Julia Perez saat ini masih berjuang untuk sembuh dari kanker serviks atau leher rahim. Ia diketahui terkena penyakit ini pada 2014 lalu.

Wanita yang akrab disapa Jupe itu sudah menjalani serangkaian kemoterapi, metode pengobatan untuk membunuh sel-sel kanker.

Jupe pun menggunduli kepalanya karena kondisi rambut yang terus rontok sebagai efek kemoterapi. Saat ini, Jupe mengaku sudah didiagnosis kanker stadium IV. Ia pun baru saja menjalani operasi saraf di perut.

Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak menyerang wanita. Kanker ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus, yakni human papillomavirus (HPV).

Saat ini, sudah ada vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh HPV. Untuk pencegahan sejak dini, vaksin HPV sudah bisa diberikan saat usia sekolah.

2. Ria Irawan
Artis peran Ria Irawan juga ramai diberitakan terkana kanker sejak 2014 lalu. Ria dan Jupe berjuang bersama melawan kanker dan saling menguatkan. Berbeda dengan Jupe, Ria Irawan bergelut dengan kanker kelenjar getah bening. Kanker itu diketahuinya setelah menjalani operasi pengangkatan rahim.

Aktris Terbaik Festival Film Asia Pasifik 2003 itu juga telah menjalani beberapa kemoterapi dan radiasi. Namun, belakangan ini, Ria mengaku, kanker telah menyebar ke rongga perutnya. Setelah menikah pada Jumat (23/12/2016) kemarin, Ria pun kembali dijadwalkan untuk kemoterapi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.