Kompas.com - 11/01/2017, 09:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Makanan mungkin bukan hal pertama yang ada di pikiran ketika Anda sedang berjuang melawan flu atau sakit perut, karena nafsu makan hilang.

Tetapi, mau tidak mau, Anda harus tetap mengisi perut. Meski demikian, sebaiknya Anda lebih berhati-hati memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Pasalnya, beberapa jenis makanan dan minuman bisa membuat Anda justru merasa bertambah buruk.

Inilah makanan dan minuman yang harus Anda hindari ketika sakit, supaya Anda bisa pulih lebih cepat.


Kopi

Harus dihindari ketika Anda sedang sakit perut. Kafein dalam kopi bersifat diuretik, sehingga dapat membuat Anda sering buang air kecil dan berpotensi menyebabkan Anda dehidrasi.

Dehidrasi adalah hal yang buruk ketika Anda sedang berjuang melawan virus atau infeksi lain. Sebaliknya, cukup hidrasi atau cairan akan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan lebih efektif, kata Kristine Arthur, MD, seorang internis di Orange Coast Memorial Medical Center di Fountain Valley, California.

Selain itu, kafein dapat merangsang otot-otot di saluran pencernaan dan membuat diare menjadi lebih intens, kata Dr. Arthur.


Jus jeruk

Jeruk memang kaya vitamin C yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, tapi hindari minum jus jeruk ketika Anda sedang batuk atau sakit tenggorokan.

Keasaman jus jeruk, biasanya menyegarkan. Tapi ketika Anda batuk atau flu, keasamannya dapat melukai tenggorokan Anda.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.