Kompas.com - 18/01/2017, 13:45 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Halo dokter, saya ingin bertanya tentang pantangan sesudah melahirkan. Apakah benar setelah melahirkan caesar sebaiknya ibu tidak makan ikan, telur, atau ayam supaya luka jahitan operasi tidak gatal? Saya rencananya dua minggu lagi akan melahirkan dengan operasi karena panggul saya kecil. Terima kasih atas penjelasannya.
 
Valeria (27), Bandung
 

JAWAB:

Operasi caesar adalah salah satu cara untuk melahirkan bila tidak dimungkinkan untuk lahir pervaginam (alami). Operasi caesar dilakukan pada orang yang sehat, jadi bukan karena ada penyakit. Maka penyembuhan lukanya pun akan sempurna, bila tidak ada komplikasi.

Dengan teknik operasi saat ini, kerusakan jaringan akan minimal. Sehingga obat-obatan yang diperlukan juga seperlunya saja. Setelah operasi tidak ada pantangan makanan atau minuman. Semua biasa saja. Kalau ada yang perlu dihindari adalah obat-obatan alternatif dan jamu yang tidak jelas, karena khawatir palsu. Yang penting setelah operasi, ibu makan makanan yang bergizi, cukup istirahat dan olahraga ringan secara teratur.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X